Itjen Turunkan Tim Pemantauan Seleksi Petugas Haji Tingkat Provinsi di Kalimantan Barat


Itjen Turunkan Tim Pemantauan Seleksi Petugas Haji Tingkat Provinsi di Kalimantan Barat
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-10-31 13:10:47

Pontianak, [ItjenNews] - Setelah sukses dalam pelaksanaan Rekrutmen Petugas Haji Indonesia Tahun 1440 H/2019 M Tingkat Kabupaten/Kota, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah melaksanakan Rekrutmen Petugas Haji Tingkat Provinsi, Selasa (05/03). Peserta yang berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi adalah peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi tingkat kabupaten/kota. Sama seperti tahun sebelumnya, rekrutmen tingkat provinsi dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap. Tahap pertama adalah tahap seleksi kompetensi menggunakan sistim Computer Assisted Test (CAT) berbasis android. Sedangkan tahap kedua adalah seleksi wawancara.

Dalam rangka mendukung penegakan integritas dan akuntabilitas pelaksanaan Rekrutmen Petugas Haji tersebut, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama menurunkan petugas pemantauan di seluruh Kantor Wilayah Kementerian Agama se Indonesia, salah satunya pada Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat. Adapun peserta rekrutmen tingkat provinsi pada Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang, yang terdiri dari formasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sebanyak 11 (sebelas) orang, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) sebanyak 12 (dua belas) orang, dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 11 (sebelas) orang.

Ramadhan Harisman, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam sambutannya pada acara pembukaan rekrutmen calon petugas haji menyampaikan bahwa rekrutmen petugas haji bertujuan untuk menjaring petugas haji yang memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dalam melayani tamu Allah di tanah suci, bukan hanya sekedar petugas yang pintar dari segi intelektualitas.

Senada dengan hal tersebut, Ridwansyah, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa tugas utama petugas haji adalah membimbing dan melayani jamaah haji dengan sepenuh hati, serta menjunjung tinggi nilai integritas dan profesionalitas. Sehingga prioritas utama yang harus menjadi tujuan adalah pelayanan prima kepada jamaah, bukan kompensasi material semata.

 

Kontributor: Husnul Fuadi

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/Fajar Harnanto

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 181

Bagikan