Gebyar Bulan Bahasa, MAN 3 Bantul Launching 6 Buku Antologi


Gebyar Bulan Bahasa, MAN 3 Bantul Launching  6  Buku  Antologi Kasi Dikmad Kemang Bantul Andar Prasetyo MA didampingi Kepala Madrasah In Amullah MA , melaunching 6 buku Antologi Puisi, Pantun, Syair dan Cerpen karya siswa , guru dan pegawai dalam Gebyar Bulan Bahasa di MAN 3 Bantul, Rabu (30/10)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-31 08:41:38

Bantul (MAN 3)—Memperingati bulan Bahasa  dan Hari Santri Nasional, MAN 3 Bantul gelar berbagai kegiatan dan aneka lomba,  diantaranya  lomba mural antar kelas, lomba penulisan pantun dan syair untuk siswa, serta penulisan puisi dan cerpen oleh siswa. Sedangkan acara  puncak Peringatan Hari Santri Nasional, Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa digelar berbagai peanmpilan abakat minat siswa serta launching buku antologi puisi, syair, pantun dan cerpen karya siswa  di lapangan madrasah, Rabu (30/10).

Kegiatan yang bertema  Budaya Literasi Mewujudkan Moderasi Beragama Demi Mempererat Kebersamaan Umat Melalui Apresiasi Seni dan Sastra  bagi siswa  dikuti 678 siswa dan seluruh guru pegawai di madrasah. Dalam kesempatan tersebut juga menghadirkan sastrawan yang juga aktor film,  Kedung Darma Romansa serta penyair dan seniman Anas Prabu.  Penampilan tari, menyanyi, dhalang ,  drama, musikalisasi puisi, hadroh  oleh siswa juga mewarnai kegiatan tersebut.

Gebyar Bulan Bahasa, MAN 3 Bantul Launching  6  Buku  Antologi

Kegiatan dibuka kepala madrasah In Amullah MA. Dalam sambutannya, In Amullah mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan tersebut. Menurutnya hal ini sangat efektif dalam mendukung dan memotivasi siswa untuk mengembangkan bakat minat mereka. “Dengan kegiatan ini, kami berharap tema yang kita usung yakni  Budaya Literasi Mewujudkan Moderasi Beragama Demi Mempererat Kebersamaan Umat Melalui Apresiasi Seni dan Sastra  bagi siswa  bisa kita wujudkan,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini dihadirkan Kasi Dikmad Kemenag Bantul Drs H Andar Prasetyo MA dan pengawas madrasah Mugiyanta MPd I. Dalam sambutannya, Andar sangat mengapresiasi kegiatan yang  digelar. Andar juga menyambut gembira dengan geliat literasi yang telah dilaksanakan di MAN 3 Bantul dibuktikan dengan terbitnya 6 buku karya siswa dan guru serta pegawai MAN 3 Bantul. Diakhir sambutan, Andar melaunching keenam buku tersebut, yakni Antologi Puisi Malam Yang Sunyi karya siswa kelas X Bahasa, Antologi Puisi Bintang Bulan & Matahari karya siswa kelas XI Bahasa, Antologi Cerpen Tentang Elegi karya siswa kelas XII Bahasa, Antologi Pantun dan Syair karya siswa kelas X,XI dan XII dan Antologi Puisi Untaian Mutiara Kasih karya guru pegawai dan buku karya guru PKN, Widi Hastuti MSI.

Lebih lanjut Andar berpesan untuk terus menulis dan berkarya disegala bidang. “Jadikan penamu melebihi tajamnya pedang, mampu menembus ruang hati dan pemikiran pembaca sehingga ilmu dan wawasan yang disampaikan bisa menancap dalam kalbu dan bisa menginspirasi pembaca untuk juga menghasilkan karya terbaik,” tegas Andar disela acara launching buku. (lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 564

Bagikan