Dropping Air Bersih: Bukti MTsN 6 Sleman Peduli Sesama


Dropping Air Bersih: Bukti MTsN 6 Sleman Peduli Sesama
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-30 20:31:50

Sleman (MTsN 6 Sleman) – Dengan menggunakan sebuah kendaraan berjenis Elf, serombongan guru dan empat orang siswa di bawah pimpinan Waka Humas Sutarjo, M.Pd. I berangkat menuju Dusun Macanmati, Girimulyo, Panggang, Kab. Gunung Kidul. Rencananya rombongan dari MTsN 6 Sleman ini akan memberikan bantuan air bersih untuk warga di dusun tersebut. Pada saat melepas keberangkatan rombongan MTsN 6 Sleman, Kepala Madrasah berharap agar bantuan sejumlah 35 tangki air bersih bagi warga dusun tersebut dapat mengurangi beban yang diderita warga karena kekurangan air.  Beliau juga berharap pada anak-anak yang tergabung dalam organisasi OSIS yang ikut serta dalam kegiatan bakti sosial dapat mengambil pelajaran berharga dan lebih berempati pada sesama.

Perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit menyuguhkan pemandangan yang luar biasa menyedihkan. Sepanjang jalan terlihat berhektar-hektar hutan dipenuhi tanaman yang meranggas karena daunnya berjatuhan akibat kekeringan. Kemarau yang berkepanjangan membuat dusun tersebut mengalami devisit air yang parah. Sejumlah warga Dusun Macanmati menyambut rombongan MTsN 6 Sleman dengan suka cita. Hadir diantara warga adalah Dukuh Girimulyo Panggang Margianto dan Takmir Masjid sekitar. Sejumlah hidangan telah disiapkan warga di serambi Masjid dusun tersebut. Salah satu warga bernama Sutarjo menjelaskan bahwa praktis saat ini kehidupan warga bergantung pada bantuan air bersih dari para dermawan. “Kami bisa mandi sehari satu kali sudah merupakan anugrah,” kata Sutarjo sedikit berkelakar menggambarkan beratnya kehidupan tanpa air. Dengan adanya bantuan air bersih, harapannya warga tetap bisa hidup sehat dengan memanfaatkan air bersih tersebut. Dari MTsN 6 Sleman diserahkan bantuan sebanyak 30 tangki air bersih yang nantinya tidak dimanfaatkan sekaligus, namun secara bertahap sesuai kebutuhan.

Dropping Air Bersih: Bukti MTsN 6 Sleman Peduli Sesama

Dropping Air Bersih: Bukti MTsN 6 Sleman Peduli Sesama

Dalam sambutannya Dukuh Margianto mengatakan bahwa problem air bersih merupakan problem tahunan di daerah tersebut sehingga bantuan air bersih sangat bermanfaat bagi kehidupan warga. Sayangnya, menurut beliau bantuan air bersih bersifat sementara saja. Setelah air bersih habis, maka problem itu kembali terjadi. Saat ini warga dibantu berbagai pihak sedang mengusahakan pembuatan sumur dengan mengebor kedalaman sekitar 60 meter yang oleh ahli pertanahan diprediksi mengandung air. “Untuk itu kami meminta ijin pada keluarga MTsN 6 Sleman untuk mengalihkan sebagian uang sumbangan untuk dialokasikan pada pembuatan sumur warga,” kata Dukuh Margianto dalam sambutannya. Waka Humas Sutarjo selaku pemimpin rombongan memberikan ijin atas keinginan warga tersebut karena dengan diadakannya sumur sama dengan memberi solusi pada kesulitan air bersih dusun tersebut. Semoga usaha warga dusun Macanmati, Girimulyo, Panggang, Kab. Gunung Kidul dapat segera terwujud. (luf)

Kontributor : MTSN6SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 187

Bagikan