Tantangan Kian Berat, Kankemenag Yogyakarta Gelar Pemilihan Penyuluh Teladan


Tantangan Kian Berat, Kankemenag Yogyakarta Gelar Pemilihan Penyuluh Teladan
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-10-30 18:49:04

Yogyakarta (Kemenag)—Sebagai upaya menggali potensi di dunia dakwah serta syiar beragama, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menggelar Kompetisi Penyuluh Agama Islam Fungsional se-Kota Yogyakarta tahun 2019. Gelaran ini diikuti 11 peserta ASN di Aula Kankemenag setempat pada Rabu (30/10).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kankemenag Yogyakarta, Drs. H. Nur Abadi,MA yang juga sebagai dewan juri menyampaikan arahan dan sambutannya bahwa tantangan dakwah semakin berat dan tidak ringan. “Karena dengan latar belakang masyarakat  yang heterogen maka perlu strategi baru di dalam melakukan dakwah,” ungkapnya.

Penyuluh, imbuhnya, diharapkan bisa menangani masyarakat seluruh wilayah KUA di mana ia ditugaskan. “Semestinya penyuluh bisa membedakan dengan wilayah binaan yang sering berada di luar wilayah kedinasannya,” tuturnya.

Selain Nur Abadi, dua juri untuk menentukan penilaian penyuluh teladan diantaranya Kasi Bimas Islam Drs.H.Maskur Ashari,MA., dan Ketua Pokja Penyuluh Muhammad Mahlani,S.Ag.

Ditambahkan, dalam perlombaan ini  sesungguhnya dapat diprediksi, siapa yang memiliki strategi baru dalam mengangkat persoalan yang dipaparkan via media video, kemampuan mempresentasikan, keunggulan dalam mendampingi masyarakat binaan,  sekaligus portofolio sebagai dokumen pendukung. “Dengan demikian Penyuluh diharapkan melalui amar makruf nahi munkar-nya mampu mewujudkan masyarakat yang Baldatun thoyibatun warobbun ghofur, serta memiliki karakter berakhlaqul karimah, pungkasnya,” pungkas Nur Abadi. (dpj)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 475

Bagikan