MTsN 2 Bantul Kunjungi Makam Syekh Maulana Maghribi


MTsN 2 Bantul Kunjungi Makam Syekh Maulana Maghribi Guru pegawai MTsN 2 Bantul mendoakan Syekh Maulana Maghribi. (Dok: yis)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-30 11:59:06

Bantul (MTsN 2 Bantul)--Belajar sejarah tidak harus dari buku. Berkunjung ke lokasi sejarah juga menjadi salah satu hal yang dapat ditempuh untuk lebih mengenal tokoh atau peristiwa sejarah. Sejarah perkembangan Islam pun juga dapat dipelajari dengan mengunjungi makam dari para ulama terdahulu.

Sebut saja salah satu ulama muslim di Jawa, Syekh Maulana Maghribi. Konon sosok yang sering disebut sebagai penurun raja-raja di tanah Jawa ini, berasal dari Maroko, Afrika Utara. Ia datang ke tanah Jawa, khususnya di wilayah Parangtritis Bantul Yogyakarta, bahkan sebelum masa Walisongo. 

MTsN 2 Bantul Kunjungi Makam Syekh Maulana Maghribi

Menurut Penemu Surakso Jaladri, juru kunci makam,  Syekh Maulana Maghribi merupakan penyebar Islam pertama di Jawa. Ia bertemu dengan Joko Dandrung (Syekh Bela-belu) dan Joko Jantrung (Syekh Damiaking) yang saat itu masih beragama Hindu Budha. Mereka m memberikan syarat kepada Syekh Maulana Maghribi agar tidak memaksa dalam menyebarkan agama Islam dan harus dengan lahir batin. Akhirnya kedua saudara seperguruan itupun masuk Islam.

Kepada Tim MTsN 2 Bantul, Senin (21/10) penjaga makam Syekh Maulana Maghribi mengatakan bahwa Syekh Maulana Maghribi ini meninggal pada tahun 1419. Setiap bulan Jawa khususnya di hari Selasa dan Malam Jum'at Kliwon, makam ini dipenuhi para peziarah. Mereka datang dari berbagai wilayah, bahkan dari luar kota.

"Ini ziarah ulama, sekaligus belajar sejarah, olahraga,dan refreshing," ungkap Waka kurikulum MTsN 2 Bantul, Nurhadi.

Pasalnya makam ini terletak di atas gunung Parangtritis, yang untuk mencapainya harus menaiki ratusan anak tangga. Namun semua lelah terbayarkan ketik udara sejuk dan pandangan lepas ke laut pantai selatan (pantai Parangtritis) begitu indah untuk dinikmati. Hampir seluruh guru dan pegawai MTsN 2 Bantul yang berkunjung ke sana mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1053

Bagikan