Asah Kemampuan Tulis Puisi, Siswa MTsN 2 Kulon Progo Belajar di Luar Kelas


Asah Kemampuan Tulis Puisi, Siswa MTsN 2 Kulon Progo Belajar di Luar Kelas
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-30 11:29:50

Kulon Progo (MTsN 2 KP) - Kegiatan pembelajaran tidaklah melulu dilaksanakan di dalam kelas. Materi-materi tertentu justru lebih efektif dilaksanakan di luar kelas. Hal itu yang dilaksanakan salah seorang guru bahasa Indonesia MTsN 2 Kulon Progo, Sumiyati, S.Pd. Selasa (29/10). “ Saya ajak anak-anak keluar kelas dalam pembelajaran menulis puisi agar para siswa lebih terispirasi dalam memperoleh gagasan sekaligus lebih mudah dalam menuangkan tulisannya dalam bentuk baris-baris puisi,” papar Sumiyati, Guru bahasa Indonesia kelas VII MTsN 2 Kulon Progo.

Para siswa dengan wajah ceria mengikuti penjelasan guru di salah satu sisi halaman madrasah. Di bawah pohon glodok yang cukup rindang mewarnai taman, siswa kelas VIIC cukup antusias menerima penjelasan guru. Usai penjelasan para siswa berpencar memilih tempat masing-masing yang dirasa nyaman untuk memulai menuliskan puisinya.

Asah Kemampuan Tulis Puisi, Siswa MTsN 2 Kulon Progo Belajar di Luar Kelas

Sebagian siswa masih tetap berada di bawah pohon glodok sambil melakukan tanya jawab dengan guru sebelum mereka memulai menuliskan puisinya. “ Judulnya dituliskan dulu atau nanti, Bu? tanya salah seorang siswa yang berada di dekat taman. Selanjutnya, Sumiyati menjelaskan bahwa judul puisi dapat ditulis sebelum menuliskan baris-baris puisi, tetapi dapat juga setelah puisi selesai.”Judul dapat disesuaikan dengan baris-baris puisi yang sudah jadi,” ungkap Sumiyati menanggapi pertanyaan siswa.

Dua jam pelajaran berakhir, para siswa membawa kembali bukunya dengan puisi yang sudah ditulisnya. Semua siswa dapat menuliskan puisi. “Biasanya kalau saya laksanakan pembelajaran ini dalam kelas, para siswa lebih banyak mengeluh dan bingung apa yang akan mereka tulis. Tidak jarang akhir pembelajaran ada beberapa siswa belum menulis. Namun ternyata, dengan membawa para siswa di luar kelas tak seorang siswa pun yang mengeluh dan semua berhasil menulis puisi,” pungkas Sumiyati.

Kegiatan tersebut tentunya memberikan gamabaran bagi para guru untuk selalu memilih metode dan kegiatan pembelajaran yang pas, membuat siswa senang, dan dapat memotivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan baik.  Dengan begitu, tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai. [jwb]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 398

Bagikan