MTsN 9 Gunungkidul Menjadi Ajang Simulasi USBK SD/MI Kecamatan Rongkop


MTsN 9 Gunungkidul Menjadi Ajang Simulasi USBK SD/MI Kecamatan Rongkop Kegiatan Simulasi USBK SD se-kecamatan Rongkop di laboratorium Komputer Mad9G
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-30 11:21:14

Gunungkidul (MTsN 9 Gunungkidul) - Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul telah mencanangkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) secara menyeluruh pada tahun 2020. Untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi USBK tersebut, Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) bidang pendidikan Kecamatan Rongkop menunjuk MTsN 9 Gunungkidul (Mad9G) sebagai salah satu tempat untuk menyelenggarakan simulasi USBK.

"Tahun pelajaran 2019/2020 ujian sekolah harus dilaksanakan dengan berbasis komputer", kata Ngadiyono Kepala Korwilcam Rongkop."Kegiatan ini sekaligus untuk menunjukkan bahwa guru-guru SD di Gunungkidul memiliki kemampuan IT yang memadai", imbuhnya.

Kegiatan Simulasi USBK SD se-kecamatan Rongkop dilaksanakan di dua tempat yaitu MTsN 9 Gunungkidul dan SMPN 1 Rongkop pada Selasa (29/10). "Kelompok Kerja Kepala Sekolah kecamatan Rongkop memilih Mad9G untuk tempat simulasi USBK bagi SD-SD yang berada di wilayah selatan kecamatan Rongkop", kata Warmin selaku proktor USBK.

Simulasi USBK yang dilaksanakan di laboratorium komputer Mad9G dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB yang terbagi dalam 4 sesi. Pada sesi 1 meliputi SDN Yuyang, SDN Botodayaan dan SDN Kenteng. Sesi 2 meliputi SDN Bohol, SDN Cabe, SDN Pakel I dan SDN Pakel II. Sesi 3 terdiri dari SDN Kendal, SDN Melikan dan SD Muh Gebang. Sedangkan sesi 4 meliputi MIN 2 Gunungkidul, SDN kropak dan SDN Petir II. Kegiatan ini didampingi proktor dan teknisi Aminuddin Zuhri dan Warmin guru dan karyawan Mad9G.

"Tujuan simulasi USBK dilakukan seawal mungkin adalah untuk mengenalkan perangkat komputer kepada peserta didik kelas VI agar terbiasa melakukan ujian berbasis komputer", kata Miftakhul Huda koordinator panitia pelaksana USBK. Dengan kegiatan ini Mad9G juga mendapat manfaat sebagai ajang promosi bagi siswa SD/MI se-kecamatan Rongkop untuk menunjukkan eksistensi madrasah. (isk/nh)

Kontributor : MTSN9GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 1358

Bagikan