Gandeng Puskemas, MTsN 7 Gunungkidul Adakan Penyuluhan HIV/AIDS


Gandeng Puskemas,  MTsN 7 Gunungkidul Adakan Penyuluhan HIV/AIDS Siswa antusias bertanya kepada nara sumber
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-29 21:50:45

Gunungkidul (MTsN 7 GK) – Pengetahuan tentang penularan HIV/AIDS dan bahayanya harus diketahui oleh para remaja sejak dini. Untuk itu MTsN 7 Gunungkidul, menggandeng puskesmas setempat untuk mengadakan penyuluhan HIV /AIDSpada Selasa (29/10).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas IX. Dimulai dengan mengisi kuisioner tentang sejauh mana siswa memahami penularan dan deteksi penyakit itu. Dilanjutkan dengan penayangan film tentang gejala dan bahaya penyakit HIV/AIDS. Dengan pemutaran film, siswa lebih mudah menrima informasi, contoh-contoh nyata.

Selanjutnya Dwi Astusi, nara sumber dari puskemas menjelakan bahwa HIV/AIDS  Adalah penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia, dimana sistem kekebalan tubuh yang menjadi benteng perlindungan tubuh terhadap penyakit, menjadi rusak karenanya.   “Penyebabnya dapat ditularkan dari orang dengan HIV positif melalui hubungan seksual, tranfusi darah, penggunaan jarum suntik terkontaminasi atau menular dari ibu ke anak salama kehamilan atau menyusui.”tandasnya.

Lebih lanjut dibeberkan tentang prinsip pencegahan HIV/AIDS dengan prinsip A-B-C dan D yang maksudnya adalah :

A - Abstinence, yaitu menahan diri dari perilaku sex bebas.

B - Be faithful, yaitu setia dengan pasanagan

C - Condom yaitu penggunaan kondom.

D - Drugs, yaitu menghindari penggunaan narkoba, apalagi memakai jarum suntik, secara bergantian.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa dalam mencegah penyakit ini. Kegiatan ini juga sangat menarik.  Terlihat siswa sangat antusias dengan kegiatan ini,  dan terbukti beberapa anak aktif bertanya kepada nara sumber. Mereka menanyakan tentang ada tidaknya obat penyakit ini, bagaimana ciri-cirinya dan sebagainya. Siswa yang lainpun tidak ketinggalan.  “Bu.. kenapa nyamuk tidak bisa menularkan virus HIV?” tanya Rendi, siswa kelas IX B.

Menjawab pertanyaan siswa Dwi Astuti menjelaskan bahwa di tahun ke-8, kekebalan tubuh sudah mulai menurun dengan ditandai bila batuk atau batuk maka tidak sembuh-sembuh, Penyakit ini tidak menular melalui nyamuk, karena virus ini hanya bertahan pada cairan tubuh manusia. Obat diberikan ini akan membantu menambah kekebalan tubuh dan obat ini diberikan secara gratis. Seperti dilansir oleh Dwi. “Untuk ibu hamil dan penderita TBC wajib cek darah untuk memastikan bebas dari virus ini.”tandasnya. ( sws )

 

Kontributor : MTSN7GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 293

Bagikan