Kunjungi LIPI, Siswa MTsN 4 Gunungkidul Perdalam Penelitian


Kunjungi LIPI, Siswa MTsN 4 Gunungkidul  Perdalam Penelitian Para pelajar MTsN 4 Gunungkidul sedang mendengarkan penjelasan petugas BTPBA LIPI, saat kunjungan ilmiah Senin (28/10) pagi.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-29 08:56:15

Sebanyak 30 siswa MTsN 4 Gunungkidul, melakukan kunjungan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di wilayah Gading, Playen, Gunungkidul  sebagai bentuk belajar di luar sekolah, Senin (28/10). Dengan didampingi empat guru sebagai pendamping, siswa-siswi MTsN 4 Gunungkidul ini berkeliling mengunjungi spot dan mendengarkan penjelasan petugas LIPI tentang obyek dan hasil penelitian di gedung balai LIPI tersebut.

Kepala MTsN 4 Gunungkidul, Muhammad Iriyadi menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam pembentukan jiwa inovatif dan kreatif. Selain itu, kegiatan ini merupakan simbiosis mutualisma antara pihak madrasah dengan program LIPI tentang publikasi temuan ilmiah. “ Ini merupakan kerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) yang sedang menggalakkan program kunjungan ilmiah, “ terangnya. 

Kunjungi LIPI, Siswa MTsN 4 Gunungkidul  Perdalam Penelitian

Kunjungi LIPI, Siswa MTsN 4 Gunungkidul  Perdalam Penelitian

Menurut Romiyati Dwi Lestari, selaku koordinator kegiatan sekaligus guru IPA mengungkapkan bahwa kegiatan ini terdiri dari kegiatan presentasi, maupun sains show yang menyediakan 7 spot. “Spot ini diantaranya, Lab canning (pengalengan), spot batik alam, lab kimia, empat, produksi coklat kakao, pakan ternak fermentasi dan produksi sabun alami,” terang Romi di sela kunjungannya. Selain sebagai program, Open House BPTPA tersebut, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan tempat-tempat dan hasil penelitian alami, sehingga dapat membantu dalam pelajaran IPA.” tambahnya.

Sementara Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito yang langsung membuka agenda acara bulan teknologi mengatakan “Dalam rangka bulan teknologi ini, kita membuka open house sebagai ajang mendekatkan diri kepada masyarakat tentang keberadaan BPTBA LIPI dengan berbagai penemuannya “ ungkap Mego, dalam acara pembukaan tersebut.  

Kunjungan tersebut merupakan terobosan baru BPTBA sebagai bidang penemuan LIPI. Setelah siswa melakukan kunjungan ini, diharapkan akan menumbuhkan kecintaan siswa terhadap hasil penemuan-penemuan dari alam sehingga akan memacu siswa melakukan kegiatan penelitian. (cwp)

Kontributor : MTSN4GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 167

Bagikan