Cetak Generasi Entrepreneurship, MAN 2 Kulon Progo Adakan Market Day


Cetak Generasi Entrepreneurship, MAN 2 Kulon Progo Adakan Market Day Siswa MAN 2 Kulon Progo penuh semangat dalam kegiatan market day, Sabtu 26 Oktober 2019
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-28 23:17:16

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo) - Era milenial tak lagi mengusung pegawai menjadi satu-satunya orientasi pilihan pekerjaan masyarakat Indonesia, justru munculnya banyak start up menjadi trend positif dalam menaikkan popularitas entrepreneurship sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Tentu hal ini tidak bisa berjalan sesuai rencana tanpa adanya dukungan dari berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu madrasah yang mendukung program tersebut adalah MAN 2 Kulon Progo. Madrasah tersebut tidak hanya fokus dalam mendidik siswa yang siap kuliah, tetapi membentuk lulusan yang mampu membuat lapangan kerja.

Salah satu kegiatan MAN 2 Kulon Progo dalam mendukung mendidik jiwa entrepreneurship sejak dini yakni market day. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus 1, Sabtu (26/10. “Market day dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada siswa bagaimana mengambil risiko dalam memilih barang/jasa yang akan dijual, dan bagaimana usaha mereka dalam menarik dan melayani pelanggan agar membeli tawaran mereka,” jelas Imam Muttaqien, S.TP. Guru Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.

Cetak Generasi Entrepreneurship, MAN 2 Kulon Progo Adakan Market Day

Market day diikuti seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Adapun setiap kelas diberikan modal oleh madrasah sejumlah siswa dikalikan Rp.5000,00. Dari modal tersebut pengurus kelas akan mengkoordinasi barang/jasa yang akan mereka tawarkan pada market day. Tentu persiapan hingga pelayanan semua dilakukan mandiri oleh siswa. Namun guru dan pegawai tidak hanya berdiam diri, mereka ikut meramaikan market day dengan ikut melarisi dagangan siswa.

Hal yang menarik dalam market day adalah barang dagangan disarankan merupakan karya anak yang berupa makanan tradisional dan minuman khas Indonesia serta pengemasan haruslah yang ramah lingkungan. Terdapat berbagai makanan yang ditawarkan. Semua makanan tersebut dibungkus atau di’wadah’kan pada selembar daun pisang yang dibentuk ‘pincuk’ atau kreativitas lain yang tidak berasal dari plastik. Adapun pelanggan yang menginginkan untuk membeli minuman, diharuskan membawa gelas/tempat minum sendiri. Tujuan peraturan tersebut tak lain tak bukan adalah dalam memupuk cinta lingkungan dan mendukung program adiwiyata madrasah yang kini sedang menuju Adiwiyata Tingkat Mandiri.

Kegiatan market day diatur oleh panitia kegiatan yang diketuai Febri Amin, siswa kelas XII. “Kegiatan ini menyenangkan dan mengasyikkan, semoga kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin,”tuturnya. (rid/est)

 

 

Kontributor : MAN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 221

Bagikan