Pustakawan MAN 3 Sleman Ikuti Rangkaian KNPS 2019


Pustakawan MAN 3 Sleman Ikuti Rangkaian KNPS 2019
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-28 12:10:19

Malang (MAN 3 Sleman)—Kenduri Nasional Perpustakaan Sekolah (KNPS) 2019 yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (PP ATPUSI) telah berlangsung dengan lancar dan sukses. KNPS 2019 yang mengangkat tema “Membangun Ekosistem Perpustakaan Sekolah yang Berliterasi” ini dilangsungkan di MAN 2 Kota Malang Jawa Timur, pada Kamis-Sabtu (24/10 – 26/10).

Kegiatan ini diikuti oleh 89 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Bogor, Cirebon, Bekasi, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan, dan Jawa Timur. Mereka terdiri dari para guru, kepala perpustakaan, pustakawan sekolah, dan para pemerhati perpustakaan. Mereka datang ke Kota Apel dengan caranya masing-masing, namun membawa misi yang sama untuk berburu ilmu, wawasan, dan pengetahuan baru, demi kemajuan pendidikan Indonesia melalui perpustakaan sekolah/madrasah.

Pustakawan MAN 3 Sleman Ikuti Rangkaian KNPS 2019

Pustakawan MAN 3 Sleman Ikuti Rangkaian KNPS 2019

Rita Susanti, A.Md, salah satu pustakawan MAN 3 Sleman berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian acara KPNS 2019 ini, karena selain menjadi bagian dari PP ATPUSI, juga didaulat untuk menjadi panitia kegiatan sebagai seksi acara. Meski lelah mendera, namun Rita merasa bersyukur dan berbangga hati, karena telah mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk bisa menjadi bagian dari suksesnya acara.  “Sungguh, sebuah pengalaman yang sangat berharga. Melihat semangat para peserta yang datang dari penjuru wilayah Indonesia, sebuah perjuangan yang menjadi pembelajaran kita bersama. Merekalah orang-orang yang peduli pada masa depan Indonesia,” ujar Rita.

Ada banyak rangkaian kegiatan dalam KNPS 2019 kali ini, yakni Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) ATPUSI, workshop dan seminar nasional. Rakerpus diikuti oleh seluruh PP ATPUSI, yang membahas tentang pembekalan pengurus dan penyusunan program kerja ATPUSI. Sedangkan workshop dalam KNPS kali ini merangkai banyak materi dari berbagai narasumber, yaitu Best Practice Inovasi Pustakawan Sekolah, Tips Menjadi Juara Lomba Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional, Literasi Informasi, Sukses Akreditasi Perpustakaan Sekolah, dan Senayan Library Management System (SLIMS) tingkat dasar dan mahir.

Sedangkan seminar nasional yang dilangsungkan pada Sabtu (26/10) berhasil menghadirkan para pakar perpustakaan Indonesia. Mereka adalah Dr. Rahma Sugihartati, M.Si, dosen Universitas Airlangga Surabaya, yang memberikan materi tentang Inovasi TIK dalam Memperkaya Layanan Perpustakaan; Drs. Darmono, M.Si, Dewan Pembina PP ATPUSI, yang berbicara tentang Membangun Budaya Baca dan Budaya Menulis; dan Muhammad Ihsanudin, M.Hum, Ketua Umum PP ATPUSI yang juga seorang Kepala Perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong, yang mengupas bagaimana Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Kaya Teks.

Selain memberikan inspirasi, semangat, dan ide-ide pengetahuan baru, ketiga narasumber kompak bahwa sebagai pustakawan sekolah tidak boleh puas dengan hanya menciptakan inovasi TIK untuk in-house semata, tetapi lupa mengamati perubahan perilaku penemuan informasi generasi Z dan Alpha. Di sisi lain, budaya baca dan menulis harus terus diperjuangkan melalui perpustakaan. Karena dari perpustakanlah budaya pengetahuan itu akan tercipta dan tumbuh subur. (Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 171

Bagikan