Mencetak PMR Madya bersahabat, MTsN 4 Kulon Progo menyelenggarakan Latsar PMR


Mencetak PMR Madya bersahabat,  MTsN 4 Kulon Progo menyelenggarakan Latsar PMR Peserta Latsar PMR berfoto bersama Tim PMI cabang Kulon Progo
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-28 10:53:56

Kulon Progo (MTsN 4 KP): MTsN 4 Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Palang Merah Remaja (PMR) pada hari selasa-rabu (22-23/10) di aula MTsN 4 Kulon Progo. Latsar PMR ini terselenggara berkat kerjasama MTsN 4 Kulon Progo bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Kulon Progo. Acara ini diikuti oleh 28 siswa kelas VII dan VIII yang terdiri dari unsur OSIS dan DKP (Dewan Kerja Penggalang). Hadir sebagai pemateri, Tim dari PMI Cabang Kabupaten  Kulon Progo.

PMR Madya berfungsi sebagai peer support yaitu memberikan dukungan, bantuan, semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan ketrampilan hidup sehat. Dengan bergabung PMR siswa memperoleh banyak manfaat diantaranya belajar menjadi remaja yang bersih, sehat, peduli sesama, kreatif, dan bersahabat. Hal ini juga menjadi teladan bagi teman-teman lainnya. Kepala Madrasah Legiman dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi diselenggarakannya latsar PMR ini. “Dengan kegiatan ini, kalian yang terpilih adalah duta kemanusiaan yang  cerdas dalam mengasah empati dan jiwa sosial kemanusiaan,” jelasnya. 

Mencetak PMR Madya bersahabat,  MTsN 4 Kulon Progo menyelenggarakan Latsar PMR

Sementara Ketua Panitia pelaksana Latsar PMR Sri Windarti menyampaikan bahwa latsar ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengetahuan tentang kepalang merahan, pengetahuan tentang Pertolongan Pertama, dan menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama. Sesuai tema yang diangkat tahun ini yaitu menuju PMR Madya yang peduli, kreatif dan bersahabat. “Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini siswa dapat mengatasi permasalahan kemanusiaan yang dijumpai secara mandiri dan bertanggung jawab,” tambahnya

Acara latsar yang berlangsung selama dua hari di isi dengan kegiatan Pendidikan Kepalang Merahan, Pelatihan dan Praktik Pertolongan Pertama. Para peserta tampak sangat antusias mengikuti kegiatan, hal ini tampak ketika mereka paraktek bermain peran sebagai tim penyelamat. “Menyenangkan sekali ketika kita bisa menolong orang pada saat –saat yang darurat dan sangat membutuhkan pertolongan,” komentar Riska Novianasari salah seorang peserta latsar.

Kontributor : MTSN4KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 836

Bagikan