Reviu LK Kanwil Kemenag Kaltara, Tim Itjen Fokuskan pada Akurasi, Keandalan, dan Informasi


Reviu LK Kanwil Kemenag Kaltara, Tim Itjen Fokuskan pada Akurasi, Keandalan, dan Informasi
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-10-25 08:25:52

Tanjung Selor, [ItjenNews] - Mewujudkan Kementerian Agama yang Berintegritas dan akuntabel sesuai Visi dan Misi Inspektorat Jenderal, Tim Itjen lakukan Reviu Laporan Keuangan (LK) K/L pada Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Utara, Kamis (11/7).

Tujuan Reviu LK dilakukan untuk memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan, dan keabsahan informasi LK K/L serta pengakuan, pengukuran, dan pelaporan transaksi sesuai Sistem Akuntansi Pemerintah. Reviu fokus pada penelaahan atas penyelenggaraan akuntansi dan penyajian LK K/L (Catatan Akuntansi dan Dokumen Sumber yang diperlukan), serta fokus pada unit akuntansi yang berpotensi tinggi terhadap permasalahan akuntansi (UAKPA, UAPPA-W, UAPPA-E1, dan UAPA) serta permasalahan Barang Milik Negara (UAKPB, UAPPB-W, UAPPB-E1, dan UAPB).

Reviu Laporan Keuangan satuan kerja oleh APIP menggunakan tool http://e-rekon-lk.djpbn.kemenkeu.go.id, memiliki kelebihan diantaranya:

  1. Reviu dapat dilaksanakan pararel dan setiap saat tanpa harus menunggu LK selesai disusun.
  2. Fitur menu yang dikembangkan sesuai dengan prinsip reviu.

Dihadapan para pengelola Laporan Keuangan di lingkungan Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Suriansyah Hanafi meminta agar para pengelola keuangan, memiliki komitmen, taat azas, aktif, proaktif, menjaga kode etik dalam peningkatan laporan keuangan sehingga sesuai antara perencanaan dan pelaksanaan.

Pengendali Teknis Tim Itjen Harnoko meminta jajaran ASN Kanwil Kaltara bisa kooperatif membantu tim Reviu Itjen. “Obyek reviu diantaranya akun-akun pada Neraca, LO, dan LRA. Diharapkan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara dapat memberikan kontribusi opini WTP dalam penyajian Laporan Keuangan kementerian Agama”, tandas Harnoko.

 

Kontributor: Yanis Naini

Redaktur/Editor: Nurul Badruttamam/M. Ubaidillah

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 203

Bagikan