Peringati Hari Santri dengan Ziarah Makam Pendiri MTsN 8 Gunungkidul


Peringati Hari Santri dengan Ziarah Makam Pendiri MTsN 8 Gunungkidul Bapak Kepala Madrasan bersama para siswa sedang berziarah ke makam para tokoh dan pendiri madrasah.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-24 21:21:36

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul)- MTsN 8 Gunungkidul melaksanakan peringatan Hari Santri Nasional dengan melakukan ziarah ke makam para tokoh dan pendiri madrasah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk mengenang dan penghormatan atas jasa-jasa yang mereka berikan semasa hidup. Kegiatan kali ini melibatkan seluruh warga madrasah baik guru, tenang pendidik, maupun siswa. Secara bersama-sama menziarahi makam Bapak Supoyo (alm), pendiri madrasah, yang bertempat di Pemakaman Gantung Sirah, Karangmojo.

Sebelum melakukan ziarah didahului dengan upacara hari santri yang juga diikuti oleh semua siswa dan bapak ibu guru/pegawai. Selaku Pembina upacara langsung dipimpin oleh Kepala Madrasah, Ngadiyan, S. Pd.I., M.S.I. Dalam sambutan yang bertema ‘Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia’ mengandung makna bahwa pesantren adalah sebagai laboratorium perdamaian. Dengan kondisi santri yang ramah dan moderat dalam beragama tanpa adanya unsur radikalisme.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan kabupaten menuju Pemakaman Gantung Sirah yang berjarak lebih kurang 1km dari madrasah. Kegiatan ziarah ini dipimpin oleh Ustadz Ali Muchtar dari Pondok Pesantren An Nur, Srimpi, Karangmojo. Dalam kesempatan tersebut kepala madrasah berharap agar kita bisa mengenang jasa para tokoh dan pendiri madrasah sekaligus mengirim doa untuk mereka. “Betapa besar jasa para pendiri madrasah yang tidak bisa kita balas dengan sepatutnya. Marilah kita berdoa, semoga jasa-jasa dan amal saleh mereka diterima dan ditempatkan di sisi-Nya.” imbuhnya. Selama dalam mengikuti ziarah para siswa bisa menunjukkan sikap hormat dan takzim, sehingga suasana ziarah tersebut demikian hidmat. Akhirnya kegiatan ziarah ditutup dengan zikir dan doa yang diaminkan oleh seluruh yang hadir.(mmn).

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 582

Bagikan