Dilaksanakan di Bulan Suci, PAT MTsN 3 Bantul Terasa Penuh Berkah


Dilaksanakan di Bulan Suci, PAT MTsN 3 Bantul Terasa Penuh Berkah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-05-20 21:45:01

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah, semua kegiatan positif yang dilakukan jika diniati dengan ikhlas insya Allah akan bernilai ibadah. Walaupun di tengah-tengah melaksanakan puasa wajib, namun segala pekerjaan akan terasa ringan bahkan terasa penuh keberkahan. Di dunia pendidikan, bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan 1440 H, hampir semua sekolah maupun madrasah melaksanakan evaluasi belajar secara sumatif yang diberi nama PAT (Penilaian Akhir Tahun), dirasakan oleh siswa dan panitia penyelenggara penuh berkah seiring dilaksanakannya ibadah puasa.

Demikian juga yang dilaksanakan madrasah hijau Giriloyo MTsN  Bantul di tengah-tengah menjalankan puasa, seluruh siswa kelas VII dan VIII melaksanakan PAT mulai Jumat (17/5). Kegiatan evaluasi rutin di akhir tahun pelajaran 2018/2019 itu terasa berkesan dan penuh dengan aura rahmat Sang Kholiq karena dilaksanakan di tengah-tengah bulan penuh berkah. Selama sekitar 2 minggu, siswa dituntut melakukan belajar ekstra, di sela-sela puasa dan ibadah pengiringnya diantaranya sholat tarawih, pengajian dan tadarus Al Qur’an setiap malamnya.

Ketua Panitia PAT MTsN 3 Bantul Puji Lestari, S.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan PAT di bulan Ramadhan ini tidak menjadi masalah bagi para siswa di madrasahnya bahkan juga guru pegawai yang menjadi Panitia PAT. “Menjalankan PAT di saat kami berpuasa justru terasa penuh aura keberkahan, inilah sebuah ujian yang dialami oleh warga madrasah, namun terasa membahagiakan” ungkap Puji. Ketua Panitia sekaligus Waka Kurikulum madrasah negeri di Imogiri itu juga menandaskan bahwa keseriusan para siswa mengerjakan soal tidak menurun bahkan terlihat mereka tetap bersemangat. (ist)

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 331

Bagikan