Mengintip Ekstra Membatik Siswa MTsN 3 Bantul


Mengintip Ekstra Membatik Siswa MTsN 3 Bantul Pembimbing batik arahkan siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-22 22:52:46

Bantul (MTsN 3 Bantul) - Giriloyo adalah sebuah dusun di bawah kaki perbukitan Imogiri. Suatu bukit yang terkenal di daerah kawasan selatan Yogyakarta karena di sanalah raja-raja kerajaan Mataram Islam dimakamkan. Daerah Giriloyo ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (jaraknya hanya sekitar 15 km/ kira-kira 40 menit). Namun karena daerah ini terpencil dan berada di kaki bukit. Suasana khas pedesaan yang sepi dan sunyi namun penuh dengan kebersamaan dan kedamaian sangat mewarnai daerah tersebut.

Daerah pegunungan tersebut terkenal sebagai pusat kerajinan batik tulis asli Yogyakarta. Pengrajin-pengrajin batik Giriloyo mengalami kemajuan yang pesat, membuat kain batik sampai jadi dan mampu memasarkan hasil karya batik yang indah ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke luar negeri. Saat ini ada belasan kelompok batik tulis di kampung Giriloyo dengan koleksi-koleksi batik yang menawan. Batik tulis asli dapat dijunpai di kampung batik Giriloyo. Sentra kerajinan batik tulis di Yogyakarta.

Mengintip Ekstra Membatik Siswa MTsN 3 Bantul

MTsN 3 Bantul yang berada di tengah-tengah daerah potensi batik tersebut ikut bangkit menjemput para siswa yang berbakat di bidang seni asi Indonesia itu. Seorang perajin batik asli dari Giriloyo yaitu Istijanah dengan tekun mengajari ketrampilan membatik kepada 30 an siswa yang mengikuti ekstra seni budaya tersebut. Pada Selasa (21/10) sejumlah siswa sudah melaksanakan praktik membatik dengan bahan dan alat yang disediakan madrasah. Walaupun masih awal, sudah terlihat potensi ketrampilan tangan-tangan mungil siswa madrasah hijau Giriloyo itu. (ist)

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 51

Bagikan