Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin


Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin Siswa MAN 3 Sleman belajar tahsin Al-Quran
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-22 09:42:44

Sleman (MAN 3 Sleman)  - Membaca Alquran merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Oleh karena itu membaca dan juga mempelajari Alquran hukumnya wajib bagi setiap muslim. Tidak hanya cukup dengan membacanya saja, kitab suci Alquran tentu harus dipelajari juga. Setiap muslim diwajibkan untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalam kitab suci Alquran. Di dalam mempelajari Alquran pun tidak bisa sembarangan. Ada ilmu-ilmu yang harus dipelajari dalam proses belajar Alquran, di antaranya yaitu tahsin Alquran.

Tahsin Alquran di dalam Islam mempunyai makna bahwa di dalam membaca Kitab Suci Alquran haruslah benar dan tepat demi terjaganya keaslian praktik dakwah sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tahsin sendiri di dalam Bahasa Arab mempunyai arti memperbaiki, memperkaya atau menguatkan. Tahsin Al-Quran juga dapat diartikan sebagai penyempurnaan hal-hal yang berkaitan dengan kesempurnaan lafaz pengucapan huruf-huruf Al-Quran dan penyempurnaan dalam pengucapan hukum hubungan di antara huruf dengan huruf yang lain seperti ikhfa, idzhar, idgham, dan yang lainnya.

Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin

Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin

Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin

Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin

Tingkatkan Kualitas Membaca Alquran, MAN 3 Sleman Gelar Pelatihan Tahsin

Pada kesempatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional 2019, MAN 3 Sleman menyelenggarakan kegiatan pelatihan tahsin bagi siswa kelas sepuluh, kegiatan yang dibuka secara resmi pada Hari Selasa (22/10) ini belangsung selama dua hari ini bekerjasama dengan Yayasan AMM Yogyakarta, yang memang sudah sejak bertahun-tahun bekerjasama dengan MAN 3 Sleman.

Kegiatan ini dimulai dengan salat dhuha bersama-sama, membaca asmaul husna dan dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran. Kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, acara pertama dilakukan secara klasikal di Masjid Muntasyirul Ulum MAN 3 Sleman kemudian dilanjutkan dengan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan tingkatan kemampuan membaca Al-Qurannya dengan diawali pretest.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas sepuluh ini diharapkan dapat menjadi pengalaman serta proses belajar yang baik bagi siswa MAN 3 Sleman dalam memperbaiki dan menyempurnakan bacaan Alquran, seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia pelatihan tahsin ini, Mucarom, M.Pd.I dalam sambutannya.

Semua siswa saya yakin sudah bisa membaca Alquran tapi lebih afdol ketika tajwid dan mahrajnya benar. Nanti akan dimulau dengan pretest sesuai dengan kemampuan membaca Alqurannya, kelompok yang sudah lancar, kurang lancar dan tidak lancar. "Semoga setelah lulus dari MAN 3 Sleman, bacaan Alquran nya bagus sehingga bisa bermanfaat dan menyenangkan masyarakat," pungkas Mucharom.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Direktur AMM Yogyakarta, Drs. H Suyudi, dalam sambutannya Suyudi menyampaikan betapa pentingnya membaca Alquran dengan baik dan benar “Fokus AMM yaitu tentang membaca Alquran, yang belum bisa dilatih supaya bisa, yang sudah bisa supaya bagus, yang sudah bagus dibaguskan lagi atau ditahsin, dan yang sudah bagus membaca Alquran, siswa semua harus dilatih terus.

Membaca Alquran itu bacaan yang paling hebat di dunia, karena membaca Alquran itu selain ibadah, juga bernilai pahala, satu huruf adalah satu kebaikan dan satu kebaikan dikalikan sepuluh kali. Dan semoga siswa siswi MAN 3 Sleman bisa membaca Alquran dengan baik setelah mengikuti kegiatan ini.” Ujar Suyudi.

Selain itu, Kepala MAN 3 Sleman juga memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan pelatihan tahsin ini, dalam sumbutannya Azis menerangkan bahwa membaca Alquran dengan baik dan benar itu adalah senam otak yang paling bagus dan sehat.

Selamat mengikuti pelatihan tahsin ini, semoga siswa siswi MAN 3 Sleman bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Perlu disadari bahwa membaca Alquran denganbaik dan benar itu bisa membangun IQ, dan jika mau tidak pikun maka bacalah Alquran. "Karena membaca Alquran merupakan senam otak yang paling hebat, bayangkan satu huruf saja bisa dibaca berbagai macam cara, otak kita tentunya akan mengolah respon mata yang kemudian dibunyikan oleh mulut, itu suatu teknik yang luar biasa bagi senam otak kita,” terang Azis. (Ang)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1154

Bagikan