Pelatihan Tibbun Nabawi Warnai Hari Santri MAN 2 Sleman


Pelatihan Tibbun Nabawi Warnai Hari Santri MAN 2 Sleman Praktik pelatihan bekam di MAN 2 Sleman.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-21 08:27:15

Sleman (MAN 2 Sleman) – Meskipun baru dicanangkan 4 tahun lalu tetapi greget Hari Santri mulai terasa di seantero negeri. Berbagai kelompok masyarakat dan instansi menyambut dan merayakan dengan caranya sendiri-sendiri. Begitu juga MAN 2 Sleman yang menyambut momentum nasional ini dengan aneka kegiatan. Salah satunya adalah Pelatihan Tibbun Nabawi yang dilaksanakan selama 2 hari (18-19/10). Dalam pelatihan ini para peserta diajak untuk praktik langsung pengobatan alternatif terutama bekam.

Pelatihan yang diikuti oleh siswa dan GTK MAN 2 Sleman ini menghadirkan 2 pakar Tibbun Nabawi yaitu Suratman alias Muh. Abdurrahman, S.Ag., M.Si. dan Narmi, S.Pd.si, M.Si. Setelah mengajarkan teori mereka berdua mengajak praktik bekam. Seluruh peserta melakukan praktik langsung dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan. Selama praktik, pelatih berkali-kali mengingatkan agar menjaga peralatan agar selalu steril. Sterilisasi dilakukan dengan menggunakan alkohol.

Salah seorang peserta, Choirunnisa, menilai pelatihan cukup bermanfaat. Selama ini kita terus dicekoki dengan obat-obatan kimia yang berefek samping. Di sini kita mencoba alternatif pengobatan yang jauh lebih sedikit efek sampingnya. Semoga pelatihan ini bisa berkelanjutan. Sementara itu Kepala MAN 2 Sleman, Ali Asmu’i, berharap agar pelatihan ini dapat meningkatkan skill peserta secara permanen sehingga kelak dapat mempraktikkan keterampilan bekam. “Saya juga berharap agar pelatihan ini bermanfaat meningkatkan kemampuan wirausaha. Siapa tahu mereka berminat menekuni tibbun nabawi secara serius. Ini adalah peluang yang masih terbuka lebar,” ujar Ali saat diwawancarai Tim Humas Madrasah. (rif)

Kontributor : MAN2SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 279

Bagikan