Guru BK MTsN 3 Bantul Tampilkan Layanan Quantum Teaching Model Puzzle Kepada Para Siswa


Guru BK MTsN 3 Bantul Tampilkan Layanan Quantum Teaching Model Puzzle Kepada Para Siswa Bimbingan puzzle pohon karier siswa MTsN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-20 21:09:44

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Quantum Teaching adalah suatu model pembelajaran yang intinya membuat suasana menyenangkan bagi siswa dalam belajar. Berbagai cara dan strategi bisa diterapkan dalam model pembelajaran tersebut tanpa mengacu secara penuh terhadap model-model yang telah ada. Bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang notabene jarang bahkan tidak diberi jam pembelajaran di kelas, harus mempunyai strategi khusus agar bisa berinteraksi secara klasikal, kelompok maupun individu. Secara individu mungkin bisa dilaksanakan, namun kelompok dan klasikal mengalami masalah.

Guru sekaligus koordinator BK MTsN 3 Bantul Isti Bandini, S.Pd, M.Pd. mempunyai strategi jitu dalam mengimplementasikan layanan quantum teaching yaitu mengisi kekosongan jam karena tugas dinas luar guru pengampu untuk memberikan layanan bagi siswa. Layanan yang diberikan Isti berupa Puzzle Pohon Karier yang berisi informasi dan wawasan tentang dunia kerja. Model yang diterapkan bersifat quantum teaching karena membuat siswa senang bermain puzzle sambil diberikan bimbingan karier.

Pada Sabtu (19/10) Isti memberikan layanan bimbingan pada salah satu kelas VIII yang kosong jam. Sejumlah siswa di kelas tersebut dibentuk kelompok untuk membuat atau menyusun pohon karier yang berisi pengetahuan tentang karier seseorang setelah lulus sekolah dan siap bekerja. Nampak para siswa menyambut senang model quantum ini selain mendapat pengetahuan dan wawasan, mereka juga bisa refreshing berupa permainan di tengah-tengah pembelajaran yang diagendakan. (ist)

 

Kontributor : MTSN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 139

Bagikan