Tingkatkan Kemandirian Belajar, Siswa MAN 1 Sleman lakukan Wawancara Wirausaha


Tingkatkan Kemandirian Belajar, Siswa MAN 1 Sleman lakukan Wawancara Wirausaha
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-18 14:41:18

Sleman (MAN 1 Sleman) - Dalam kegiatan pembelajaran, kemandirian siswa sangat penting untuk dikembangkan. Kemandirian merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan oleh setiap siswa. Siswa yang sudah terbiasa mandiri cenderung belajar lebih baik.  Biasanya siswa mampu memantau, mengevaluasi, dan mengatur waktu belajar. Ia bisa memanfaatkan waktu secara efisien, mampu berpikir dan bertindak yang tidak bergantung pada orang lain.

Salah satu upaya membentuk kemandirian siswa, guru MAN 1 Sleman selalu melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang mengajak siswa duduk tenang dan mendengarkan informasi dari guru, akan ditinggalkan oleh siswa.  Sehingga guru perlu melakukan perubahan ke arah pembelajaran  yang lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Dra. Siti Abibah, guru Prakarya MAN 1 Sleman melakukan inovasi pembelajaran dengan mengajak siswa untuk melakukan pengamatan dan wawancara langsung di tempat Pembenihan ikan Lele, Jumat (18/10). “Anak -anak saya beri tugas untuk mengamati dan wawancara langsung kepada pengelolanya, untuk mengetahui proses usaha pemebnihan ikan lele," ungkap Bibah. Saya berharap anak mengetahui perencanaan, pemeliharaan bahkan sampai penjualannya. Selain itu, dengan tugas ini anak akan semakin mandiri dalam belajar, tambahnya. 

Sementara itu, Abdul Qodir, pengelola pembenihan ikan lele di dusun Candran, Sidoarum ini mengatakan bahwa pekerjaan pembenihan lele ia lakukan dengan senang. Budi daya ini sangat menjanjikan di massa yang akan datang. “Saya mengajak anak-anak untuk usaha budi daya ikan lele, karena masyarakat kita suka dengan lele,” kata Qodir, saat menyambut kedatangan siswa.

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 367

Bagikan