PKUB Kemenag Gelar Rakor Evaluasi Kerukunan Umat Beragama di Yogyakarta


PKUB Kemenag Gelar Rakor Evaluasi Kerukunan Umat Beragama di Yogyakarta Kepala PKUB Kemenag RI Nifasri
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2019-10-16 12:23:07

Yogyakarta (Kemenag) --- Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI menggelar Evaluasi dan Koordinasi Tugas Fungsi Kerukunan Umat Beragama tahun 2019.

Rapat koordinasi dengan melibatkan 80 orang peserta yang terdiri dari para Kepala Bagian Tata Usaha, para Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag se-Indonesia dan pegawai PKUB itu akan berlangsung selama 4 (empat) hari 25-28 Juni di Yogyakarta.

Kegiatan Evaluasi dan Koordinasi Tugas Fungsi Kerukunan Umat Beragama tahun 2019 dibuka oleh Kepala PKUB Kemenag RI, Nifasri yang ditandai dengan pemukulan gong pada Selasa (25/06) malam. Tampak mendapimpingi Kepala PKUB saat membuka kegiatan Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta Edhi Gunawan.

Kepala PKUB Kemenag RI, Nifasri mengatakan kegiatan yang menjadi helat tahunan PKUB ini sangat penting dan strategis serta sejalan dengan visi Kementerian Agama.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan visi Kementerian Agama yaitu Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong," ujar Nifasri.

Ia menambahkan dalam rapat koordinasi Tugas Fungsi Kerukunan Umat Beragama ini masing-masing daerah akan berbagi pengalaman dalam upaya terus menjalin dan menciptakan kerkunan antar umat beragama.

"Masing-masing daerah akan menyampaikan strategi dan upaya yang telah dilakukan dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama.Hasil dari evaluasi dan koordinasi tugas fungsi kerukunan umat beragama di Indonesia ini nantinya akan kami laporkan kepada Menteri Agama dan Sekjen Kemenag," kata pria asal Sumatera Barat ini.

"Selain diskusi dan menghasilkan kesepakatan bersama dalam tugas fungsi kerukunan umat beragama, para peserta juga akan mengunjungi sejumlah rumah ibadah yang menjadi simbol kerukunan di Kota Yogyakarta," sambungnya. 

Kegiatan ini lanjut Nifasri juga menghadirkan sejumlah nara sumber, di antaranya Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DI Yogyakarta, Direktur Pendidikan dan Agama Kementerian Bapppenas RI dan Direktur Pelaksana Anggaran Kementerian Keuangan RI. 

Sementara itu Ketua Panitia Evaluasi dan Koordinasi Tugas Fungsi Kerukunan Umat Beragama, Desmon Andrian dalam laporanya mengatakan kegiatan tahunan PKUB Kemenag ini diharapkan menjadi sebuah forum nasional para pemangku kebijakan dan pelaksana program kerukunan umat beragama di lingkungan Kementerian Agama RI.

"Kegiatan ini untuk mengevaluasi program kerukunan umat beragama yang  kemudian dapat dijadikan sebagai bahan rumusan serangkaian perbaikan dan penguatan kerukunan umat beragama," tutur Desmon. 
 

Sumber : -
Penulis : benny andriyos
Editor : Khoiron

Kontributor : MAGANG
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 256

Bagikan