Akira Ayomi Wakili Siswa Kelas 9 di Acara Penyerahan Siswa


Akira Ayomi Wakili Siswa Kelas 9 di Acara Penyerahan Siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-05-16 15:00:04

Sleman (MTsN 6 Sleman) – Gedung Youth Center menjadi saksi ketika MTsN 6 Sleman menyerahkan kembali siswa kelas 9 Tahun Pelajaran 2018-2019 kepada orang tua/wali setelah tiga tahun menuntut ilmu di kampus tercinta MTsN 6 Sleman, Sabtu (4/5/19). Acara dikemas dengan nama Penyerahan Kembali Siswa dari Madrasah kepada Orang Tua/Wali.  Artinya, agenda tersebut bukan acara wisuda karena diadakan sebelum pengumuman kelulusan. Dihelatnya acara penyerahan siswa sebelum Ramadhan tiba bertujuan agar keluarga besar MTsN 6 Sleman dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyuk.

Tepat pukul 07,00 WIB acara dimulai, dibuka oleh penampilan tim hadroh asuhan Ibu Dra. Somyati dengan menampilkan tiga buah lagu islami. Setelah penampilan hadroh berakhir, pada pukul 07.30 acara inti dimulai. Pembawa acara M. Ridho Hidayat dan Aam Amalia memohon pada hadirin untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan secara duet oleh Anang Sumarna, guru mata pelajaran SKI sekaligus koordinator Tahfiz dan Zaki Taqiyudin siswa kelas 9 E. Sungguh indah lantunan ayat suci Al Qur’an dari  dua generasi yang berbeda. “Luar biasa, MTsN 6 Sleman terus meregenerasi munculnya hafiz dan hafizhoh muda berprestasi,” terdengar salah seorang tamu undangan melontarkan pujiannya setelah pembacaan ayat suci berakhir.

Acara dilanjutkan dengan beberapa pidato sambutan. Pertama adalah sambutan dari Kepala MTsN 6 Sleman Drs. H. Abdul Hadi, S.Pd. M.Pd. I. Selain mengucapkan selamat datang dan terima kasih, Abdul Hadi menitipkan beberapa pesan pada orang tua agar menjaga ibadah putra-putrinya terutama dalam salatnya, serta mengawasi pergaulannya. “Sebentar lagi kalian meninggalkan madrasah yang selama tiga tahun menjadi tempat menimba ilmu. Jadi di manapun kalian berada, tetaplah menjadi pribadi muslim yang baik. Jaga nama madrasah, jaga agama Islam,” kata Abdul Hadi kepada para siswa kelas 9. Kepala Madrasah juga menyampaikan beberapa prestasi siswa kelas 9 yang membanggakan. Beberapa nama siswa disebutkan namanya pada kesempatan tersebut seperti Rafi Rajendra yang menjadi Juara Dunia dalam kejuaraan Hapkido di Korea 2018 dan M. Rijal Pramuditya/M. Tawfi sebagai juara KIR MYRES 2018.

Di akhir sambutannya, Kepala Madrasah berkenan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah siswa kelas 9 yang telah mengharumkan nama MTsN 6 Sleman. Mereka adalah kategori prestasi akademik pada perolehan nilai UAMBN tertinggi atas nama Nafiysa Robitha, Afrinza dan M. Munif.  Penghargaan pada prestasi non akademik diberikan kepada Rafi Rajendra atas  Kejuaraan Internasional Hapkido di Korea. Kejuaraan Nasional diraih oleh M. Ridwan Imanda (Lasqi), M. Rijal Pramudita dan M. Tawfi (KIR) dan Cindy Ayu (Taekwondo). Kejuaraan Tingkat Provinsi diraih oleh Nurul Siti (menari), Zaki T (MTQ), Joan Harits (Bulu Tangkis) dan Widyadari (Bulu Tangkis). Kategori terakhir adalah siswa berprestasi di bidang Tahfidz yaitu Irbatur R (15 juz), Farrel (11 juz), Yusrina (11 juz) dan Zahratun (7juz). 
Akira Ayomi 9 (kelas 9E) yang ditunjuk untuk mewakili siswa kelas 9 memberikan sambutan. Akira menyatakan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh guru dan karyawan madrasah, permintaan maaf sekaligus permohonan doa dan restu. “Di MTsN 6 Sleman kami tidak hanya belajar ilmu pengetahuan namun juga budi pekerti luhur. Terlebih lagi di MTsN 6 Sleman ini kami belajar mendewasakan diri di bawah bimbinganBapak Ibu guru dan karyawan. Untuk itu kami sangat berterima kasih untuk tiga tahun yang telah kami lalui,” kata Akira dengan suara lantang di hadapan teman-temannya dan seluruh tamu yang hadir. Di akhir sambutannya, Akira berharap siswa kelas 9 tetap menjadi pribadi yang rendah hati, tidak melupakan persahabatan yang selama ini terjalin dan terus bekerja keras menggapai cita-cita. 
Ditunjuk sebagai wakil orang tua adalah Drs. Tulus Dumadi, MA, yang merupakan ayah dari Afrinza (kelas 9E). Juga mewakili orang tua, Tulus Dumadi tak lupa memberikan apresiasi kepada MTsN 6 Sleman atas usahanya selama ini membentuk para siswa menjadi siswa pandai dan beraklak mulia, terkhusus usaha Bapak Ibu guru dalam mendidik para siswa. “Tidak ada gunanya berprestasi namun tidak berakhlak mulia. Di MTsN 6 Sleman, semua itu tersedia. Ilmu dan amaliah diajarkan berbarengan. Jadi, berbanggalah menjadi bagian dari MTsN 6 Sleman,” kata Tulus Dumadi di hadapan segenap yang hadir dan disambut tepuk tangan meriah.

Dari Kementerian Agama hadir Drs. M. Labib yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sleman. M. Labib mengingatkan akan datangnya bulan penuh berkah Ramadhan dan mengajak semua yang hadir untuk menyambutnya dengan semangat dan gembira karena Ramadhan adalah sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu M. Labib berpesan pada bapak ibu guru agar dalam bekerja tidak mengalkulasi apa yang telah dilakukan buat anak didiknya. Ia mengungkapkan bahwa selain mendidik adalah sebuah kewajiban juga merupakan amal kebajikan para guru sebagai manusia. Untuk itu M. Labib mengingatkan bapak ibu guru untuk tidak berhenti belajar agar kualitas sebagai guru meningkat. Kepada siswa ia berpesan agar terus menjaga akhlakul karimah seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. 

Acara diakhiri dengan prosesi pengalungan samir dan penerimaan nilai UAMBN oleh siswa. Para siswa dipanggil untuk naik ke panggung satu-persatu. Di panggung telah ada wali kelas yang bertugas mengalungkan samir dan memberikan sebuah map berisi nilai UAMBN dan beberapa dokumen penting lainnya. Diawali oleh wali kelas 9A-Lilis Ummi F, MA, dilanjutkan oleh wali kelas 9B-Dra. Sri Eka Widyastuti, 9C-Dra. Somyati, 9D-Zumrotul Aslah, M.Pd.I,  9E-Suyanto, M.Pd dan 9F-Drs. Wakija.  Di akhir sesi penyerahan setiap kelas, diadakan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh siswa tiap-tiap kelas, wali kelas dan kepala madrasah. Tepat pukul 11.30 seperti yang telah direncanakan, keseluruhan acara berakhir dengan sukses. Selamat kepada seluruh civitas akademika MTsN 6 Sleman. (luf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 224

Bagikan