MAN 1 Sleman Tumbuhkan Kepercayaan Diri dengan Diklat Table Manner


MAN 1 Sleman Tumbuhkan Kepercayaan Diri dengan Diklat Table Manner
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-15 14:22:48

Sleman (MAN 1 Sleman) – Siswa MAN 1 Sleman program Keterampilan Tata Boga mengikuti pendidikan dan Pelatihan Table Menner. Tabel manner itu adalah aturan etika yang dipergunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan. Perbedaan budaya makan dapat membuat aturan tersebut berubah-ubah yang bertujuan menambah wawasan seseorang tentang etika budaya bangsa-bangsa lain,’’ ungkap Supardan, Food & Beveage Manajer (FBM) selaku narasumber dalam pelatihan di Hotel Melia Purosani Yogyakarta, Selasa (15/10).

Pelatihan yang berlangsung hampir 4 jam tersebut, diawali dengan penjelasan tata cara makan dalam jamuan formal, mulai dari cara melipat serbet di meja, cara menggunakan peralatan makan di atas meja, hingga etika makan formal. Tak hanya sekedar teori, para mahasiswa juga diajak untuk langsung mempraktekkan teori tersebut melalui jamuan ala hotel yang terbagi menjadi beberapa tahapan, seperti makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), makanan penutup (dessert) hingga teh. Siswa disuguhkan berbagai menu hotel seperti apple salad, pumpkin soup, roast beef medallion with smash potatoes dan mango pudding.

MAN 1 Sleman Tumbuhkan Kepercayaan Diri dengan Diklat Table Manner

Selain Supardan, Andreas Iman Kurniawan, Asisten Directur Of Sales Melia Purosani Hotel juga menjelaskan bahwa tak hanya mengenalkan etika makan saja, ia menambahkan hal penting lain yang ada pada pelatihan tersebut, dengan mengetahui dan menerapkan etika ini bisa membuat kalian percaya diri. Percaya diri terhadap masa depan kalian, tambahnya.  

If your want to be a successful person, with the top people so you have to know the top standard, the International standard." Selain itu Andre juga berpesan agar semua siswa mencintai ilmu yang digelutinya. “Cintailah ilmumu agar kamu bisa menikmati dan ihlas dalam pekekerjanmu,” pesannya. (smn).

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 751

Bagikan