Menegangkan Sekaligus Menyenangkan, Seminar PTK/PTM di MAN 1 Sleman


Menegangkan Sekaligus Menyenangkan, Seminar PTK/PTM di MAN 1 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-05-26 17:25:52

Sleman (MAN 1 Sleman)—Menegangkan sekaligus menyenangkan, suasana seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MAN 1 Sleman, Rabu (25/5/2022). Seminar dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PTK/PTM yang  diselenggarakan  MAN 1 Sleman bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I.Yogyakarta. Diklat dilaksanakan sejak Januari 2022 telah memasuki tahap seminar. Semua peserta diwajibkan mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing.

Sebelum acara seminar dimulai, tampak suasana serius, terlihat wajah peserta yang tegang. Beberapa peserta mengaku merasa belum siap untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Ada sebagian mengaku belum siap karena olah data belum selesai, pembuatan materi presentasi belum maksimal. Namun demikian karena sesuai jadwal yang telah disepakati maka setiap peserta wajib presesntasi.

Menegangkan Sekaligus Menyenangkan, Seminar PTK/PTM di MAN 1 Sleman

“Hari ini hari yang menegangkan tetapi juga menyenangkan,” ungkap Hanawasti, salah satu peserta diklat dari MAN 1 Sleman. Sedangkan Toni Puerwanti, S.Pd mengaku hampir menyerah, tidak bisa melanjutkan seminar. “Hampir banyak yang menyerah, tidak jadi,” kata Bu Toni yang akhirnya tampak lega setelah berhasil menyelesaikan presentasinya.

Demikian juga Anna Kusmiyana, S.Pd dan Ernawati, S.E mengaku acara seminar cukup menantang dan menegangkan namun tetap semangat menjalani.  “Nuansa serius tetapi tetap penuh humor-humor segar membuat suasana seminar menjadi hangat, gembira dan optimis. 

Suasana tegang itu berakhir ketika jalannya seminar berakhir. Semua peserta tampak lega dan semakin percaya diri. Seminar berjalan lancar, semua berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya. Mereka saling memberi masukan perbaikan. “Keren, kompaks, saling suport, saling bantu dan meringankan, sehingga semua berhasil presentasi dengan kekuatàn dan persiapan masing-masing, semoga ending validasi lancar dan dimudahkan semuanya.Aamiin,” harap Toni.

Akhirnya Hana mengajak untuk segera melakukan perbaikan PTK masing-masing dengan menindaklanjuti masukan perbaikan dari pembimbing.” Jangan lupa masukannya ditindaklanjuti agar segera komplit,”tambah Hana. Ia memotivasi teman-temannya untuk tetap semangat. "Mengulang berkali-kali itu bukan gagal tetapi menyerah satu kali itu baru dinamakan gagal,” tambah Hana yang juga guru Kimia. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 32

Bagikan