MTs Negeri 4 Bantul Gelar Taklim Ahad Legi


MTs Negeri 4 Bantul Gelar Taklim Ahad Legi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-14 09:31:24

Bantul (MTsN 4 Bantul)—Majelis Taklim merupakan tempat duduk melaksanakan pengajaran atau pengajian agama Islam sebagai sarana menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. Majelis taklim dapat dipahami sebagai suatu institusi dakwah yang menyelenggarakan pendidikan agama yang bercirikan non-formal, tidak teratur waktu belajarnya, para pesertanya disebut jamaah dan bertujuan khusus untuk memasyarakatkan Islam. Demikian juga yang dialami komite madrasah MTs Negeri 4 Bantul, yang terdiri dari orang tua/wali murid kelas 7,8 dan 9 secara rutin bulanan menyelenggarakan kegiatan taklim dilaksanakan setiap Ahad Legi pukul 07.00 Wib di Masjid Madrasah, Ahad (13/10).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Komite Sekolah. Harapannya, orangtua aktif mengikuti kegiatan ini sehingga memiliki pemahaman yang sama tentang mendidik anak. Karena kesholehan anak, tidak terlepas dari kesholehan pendidik, baik orangtua maupun gurunya. Sebab seseorang akan tumbuh di lingkungan yang kondusif, tegas Surahmanto selaku kepala madrasah dalam sambutannya.

Sementara itu Sukirman, Ustad majlis taklim dalam ceramahnya menyampaikan,  “Orang tua mempunyai tugas dalam mendidik anak pada dewasa ini sangat berat, Orang tua perlu memberikan teladan, nasehat, peringatan dan juga hukuman manakala siswa berjalan tidak sesuai dengan jalur semestinya,” ungkapnya.

Sukirman  juga menyampaikan tentang ciri-ciri wanita sholehah dan peranannya dalam keluarga. Tema ini diambil karena selama ini yang aktif mengikuti ta’lim ini adalah ibu-ibu orangtua siswa. Namun, juga tidak luput disampaikan profil keluarga dalam perspektif Al-Qur’an, sehingga ayah juga punya peran yang sangat penting, tambahnya. Lebih lanjut, peran wanita sebagai ibu dari anak-anaknya, istri dari suaminya dan anak dari orangtuanya, yang semua peran itu dijalankan sesuai dengan porsinya.

Majelis taklim berlangsung dari pukul 07.00 Wib dan diakhiri pukul 08.30 dilanjutkan beberapa bapak ibu guru mengadakan pertemuan kelas dan koordinasi perihal perkembangan siswa dalam mengenyam pendidikan di MTs Negeri 4 Bantul. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 193

Bagikan