Keluarga Besar MIN 1 Bantul Jaga Tradisi Halal Bihalal


Keluarga Besar MIN 1 Bantul Jaga Tradisi Halal Bihalal
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-05-10 21:57:13

Bantul (MIN 1 Bantul) - Keluarga besar MIN 1 Bantul mengadakan kegiatan rutin pada hari raya idul fitri yaitu halal bi halal. Halal bi halal adalah kegiatan saling bermaaf-maafan dengan sesama di hari raya idul fitri yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi. Kegiatan halal bihalal dilaksanakan di rumah Kepala Madrasah Muhammad Zuhri, S.Ag., yang beralamatkan di desa Kebosungu 2 Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul.

Diikuti oleh 46 guru dan pegawai yang berlangsung pada Sabtu (7/5/2022) dengan rangkaian kegiatan halal bi halal pada hari itu yaitu Pembacaan Tahlil (Widodo, S.Pd) , Pembacaan Kalam Ilahi (Mursidi) , Sambutan kepala madrasah sekaligus Hikmah Syawalan (Muhammad Zuhri, S.Ag). “Kegiatan halal bi halal ini harus tetap diadakan setiap tahunnnya dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama. Selain itu melalui kegiatan silaturahmi ini sangat dianjurkan oleh islam yang memiliki keutamaan antara lain memperpanjang umur, menambahkan rezeki, menambahkan ketaatan kepada Allah SWT, Hendaknya kita bisa mempertahankan tradisi ini,” ujar Muhammad Zuhri.

Usai halal bi halal di rumah kepala madrasah selesai, seluruh guru pegawai melakukan shalat dhuhur berjamah di masjid terdekat dan kembali melanjutkan agenda yang kedua yaitu halal bihalal di rumah Kasi Dikmad Madrasah Kemenag Kab. Bantul (Ahmad Musyadad, S.Pd.I.,M.S.I) acara berlangsung hikmad.

Tidak berhenti disitu, Senin 9 Mei 2022 MIN 1 Bantul mengadakan halal bi halal guru karyawan dan siswa di halaman madrasah dengan mengucap ikrar syawalan bersama-sama di lanjut sungkem seluruh siswa kepada bapak ibu guru karyawan (tangan tidak bersentuhan karna masih pandemi) memutar di halaman madrasah diiringi shalawat dipimpin oleh guru agama sampai pukul 09.00 WIB.

Selepas acara halal bi halal guru pegawai dan siswa selesai, seluruh guru karyawan kembali melanjutkan halal bi halal di rumah kasepuhan MIN 1 Bantul sampai pukul 14.00 WIB. (adb)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 84

Bagikan