OSIS MTsN 2 Bantul Lakukan Evaluasi Kegiatan Pemilos


OSIS MTsN 2 Bantul Lakukan Evaluasi Kegiatan Pemilos Ahmad Ridwan membacakan hasil evaluasi pemilos 2019. (Dok:yis)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-11 16:45:58

Bantul (MTsN 2 Bantul)—Evaluasi merupakan suatu kegiatan menilai baik buruk suatu hal yang telah berlangsung. Suatu kegiatan sangat perlu dilakukan evaluasi demi kesempurnaan kegiatan selanjutnya. Hal ini juga dilakukan oleh organisasi siswa intra sekolah (OSIS) MTsN 2 Bantul pada saat latihan dasar kepemimpinan (LDK) OSIS, Sabtu (5/10) lalu.

Pada saat materi public speaking, siswa diminta untuk mendiskusikan berbagai permasalahan terkait dengan kegiatan OSIS, salah satunya adalah pemilihan OSIS (pemilos). Pemilos MTsN 2 Bantul telah dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan sekolah lain, atas dasar komando dan bimbingan dari komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Selasa (17/9) lalu.

OSIS MTsN 2 Bantul Lakukan Evaluasi Kegiatan Pemilos

"Pemilos telah dilaksanakan dengan baik, tertib, dan lancar, meskipun ada beberapa hal yang masih mengecewakan," ungkap Yulian Istiqomah, selaku Pembina OSIS MTsN 2 Bantul.

Dari stimulus yang diberikan oleh Yulian tersebut, pengurus OSIS periode 2019-2020 berdiskusi melakukan evaluasi. Kelompok 2 praktik public speaking LDK di bawah komando Ahmad Ridwan selaku ketua OSIS terpilih menggarisbawahi beberapa hal terkait pelaksanaan pemilos tahun ini.

Beberapa hal tersebut diantaranya: dan Kurangnya waktu untuk persiapan dan masa sosialisasi paslon ketua OSIS. Hal ini menyebabkan banyak siswa belum mengenal visi misi dan karakter paslon. Hal ini pula yang memicu banyaknya suara gugur dalam pemilos.

Ahmad Ridwan juga menyampaikan bahwa perlunya dilakukan edukasi tentang pesta demokrasi kepada siswa untuk menanamkan bahwa golput adalah pilihan terburuk dalam pemilu. Hal ini untuk menekan jumlah suara gugur yang dapat mencoreng berlangsungnya pemilos yang sudah tampak sempurna. Di samping itu, sebagai bekal bagi generasi bangsa akan keutamaan berdemokrasi, sehingga menyadari bahwa satu suara akan sangat berarti untuk kemajuan sekolah.

"Semoga pengurus OSIS yang baru ini dapat lebih sigap dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, sehingga dapat meminimalkan munculnya kekecewaan," ungkap My Rahma, wakil ketua OSIS MTsN 2 Bantul. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 671

Bagikan