Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, MIN 7 Gunungkidul Gelar Market Day


Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, MIN 7 Gunungkidul Gelar Market Day Market day MIN 7 Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-10 09:55:32

Gunungkidul (MIN 7 GK) - Guna menuumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan siswa, MIN 7 Gunungkidul mengadakan kegiatan Market Day. Pagi yang cerah itu semua siswa MIN 7 Gunungkidul sedang asyik jajan setelah melakukan aktifitas jumat sehat. Ada yang beda suasana jajanan pada Jumat, 04 Oktober 2019 karena yang berjualan bukan dari ibu kantin tapi dari anak-anak sendiri. Hal ini karena hari itu ada kegiatan market day yang rutin dilakasanakan setiap bulan.

Peserta market day (penjual) kali ini adalah siswa siswi kelas 4 dan 6, sedang yang menjadi pembeli adalah semua warga sekolah termasuk bapak dan ibu guru. Sebelum hari H pelaksanaan market day anak-anak yang mendapat giliran menjadi penjual diminta untuk menyiapkan jajanan yang akan dijual dengan kententuan adalah makanan yang sehat yang terbebas dari pengental, pengawet dan pewarna yang tidak sehat. “Kegiatan market day ini diaharapkan bisa menumbuhkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship pada anak seperti kerja keras, pantang menyerah dan pandai membaca peluang sehingga dagangannya bisa laris,” tegas Muhammad Zuhri Kepala MIN 7 Gunungkidul.

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, MIN 7 Gunungkidul Gelar Market Day

Anak-anak yang berperan sebagai penjual harus bisa membaca peluang kiranya apa jajanan yang bisa laku dan di senangi oleh pembeli dan harus punya kegigihan dalam menawarkan dagangannya selain itu ketika sudah berusaha tapi tidak berhasil menjual semua jajannanya maka harus memiliki semangat pantang menyerah untuk memperbaiki diri untuk lebih baik lagi. Muhammad zuhri menambahkan bahwa selain menumbuhkan jiwa entrepreneurship kegiatan ini juga diharapkan agar anak-anak terbiasa dengan jajanan yang sehat yang tidak membahayakan kesehatan sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu selain itu kegiatan ini juga melatih kemampuan anak untuk berhitung dengan belajar secara kontekstual yaitu anak harus bisa berhitung rugi dan laba dari jajanan yang dijual dan juga harus bisa berhitung harga dan kembalian yang harus diberikan ketika ada pembeli. (wid)

Kontributor : MIN7GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 244

Bagikan