Guru MTsN 5 Bantul Ikuti Diseminasi Hasil Diklat Penilaian


Guru MTsN 5 Bantul Ikuti Diseminasi Hasil Diklat Penilaian Budi Hartono, S.Pd sedang memaparkan hasil diklat tentang penilaian
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-09 22:21:20

Bantul (MTsN 5 Bantul) – Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber.

Terkait penilaian ini masih adanya pendidik yang belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik adalah merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap pengetahuan maupun keterampilan.

Mengingat pentingnya penilaian dalam proses pendidikan, Budi Hartono, S.Pd, melakukan diseminasi hasil diklat di Semarang pada Kamis (3/10). Sejumlah dua puluh tujuh guru mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Guru IPS ini menyampaikan beberapa hal terkait penilaian, sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No 2561 tahun 2019.

Sementara itu Kepala Madrasah (kamad), Siti Solichah, S.Pd menegaskan bahwa bapak ibu guru yang mengikuti diklat diharapkan bisa mengimbaskan hasilnya bagi guru-guru yang lain. “Dengan harapan ilmunya akan terserap oleh semua pendidik dan dilaksanakan secara makismal demi kemajuan madrasah kita,” tandasnya. (nur)

Kontributor : MTSN 5 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 162

Bagikan