Empat Guru MTsN 5 Bantul Ikuti Penyusunan Soal PAS


Empat Guru MTsN 5 Bantul Ikuti Penyusunan Soal PAS Ketua dan bapak ibu penyusun soal PAS TP 2019/2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-09 22:14:50

Bantul (MTsN 5 Bantul) – Penilaian Akhir Semester (PAS) sebagai salah satu bentuk penilaian yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Hasil PAS digunakan untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan peserta didik. Di samping itu hasil penilaian ini dapat juga memberi gambaran tingkat keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan. Berdasarkan hasil penilaian, kita dapat menentukan langkah atau upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, orang tua, peserta didik, maupun pemerintah.

Mengingat pentingnya penilaian, Kelompok Kerja Madrasah (K2M) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MTs se-Bantul untuk semua mata pelajaran (mapel) mengadakan kegiatan penyusunan soal PAS pada Rabu (9/10). Hadir dalam kegiatan tersebut empat guru dari MTsN 5 Bantul, yakni Yuli Marhaeni, S.Pd, Sugeng Muhani, S.Pd.Si, Budi Hartono, S.Pd dan S. Nur Rohmah, S.Pd.

Dalam kesempatan itu Drs. Miftakhul Bahri menyampaikan beberapa hal terkait aturan penulisan soal: ukuran kertas, font, bentuk huruf, jumlah soal, lay out soal, dan cover soal. Sekretaris K2M ini juga berbagi  berbagai permasalahan yang ditemui dalam proses editing soal. Harapannya soal PAS tahun ini akan lebih baik dan ketika soal disetor oleh ketua MGMP ke K2M, soal sudah siap dicetak. Oleh karena itu, K2M telah menetapkan delapan tahap penyusunan soal, mulai dari penyusunan soal, editing soal sampai ke pencetakan soal.

Sementara itu, Drs. Surahmanta, selaku ketua K2M menyampaikan pesan agar penyusun soal aktif mengikuti kegiatan peningkatan kualitas guru, di antaranya dalam hal membuat soal. Sehingga soal yang disusun akan semakin meningkat baik kualitas maupun kuantitas. Ketua K2M yang mengampu mapel Bahasa Inggris ini juga menegaskan perlunya pengenalan soal HOTs dalam PAS. (nur)

 

Kontributor : MTSN 5 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 62

Bagikan