BK MAN 3 Sleman Kampanyekan Smart Bersmartphone pada Siswa


BK MAN 3 Sleman Kampanyekan Smart Bersmartphone pada Siswa BK MAN 3 Sleman Kampanyekan Smart Bersmarphone
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-09 10:11:04

Sleman (MAN 3 Sleman)  - Perkembangan dan pertumbuhan teknologi memang selalu menarik untuk ditelusuri dan dipelajari. Bagaimana tidak, dengan adanya teknologi ini kehidupan manusia semakin terbantu dan dimudahkan oleh teknologi. Teknologi yang setiap tahunnya semakin modern dan canggih ini pada akhirnya kemudian akan menjadikan perubahan kehidupan dan juga perubahan pada dunia. Dunia dengan wujud yang baru, inilah yang memang akan terjadi jika teknologi ini terus menerus berkembang dan tak terbendung. Contoh sederhana saja sebuah teknologi yang telah mengubah wajah dunia yaitu munculnya smartphone dan internet. Ponsel pintar dan internet ini memang telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat di seluruh dunia sekarang ini.

Namun, perkembangan teknologi smartphone jika tidak digunakan dengan tepat juga akan banyak sisi negatifnya dibandingkan sisi positifnya. Dewasa ini banyak remaja di lingkungan pelajar sudah hampir semua memiliki smartphone. Penggunaan smartphone telah merambah luas pada anak sekolah, terlebih lagi pada pelajar SMA. Smartphone yang digunakan tidak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga sudah meluas hingga penggunaan media sosial dan game.

BK MAN 3 Sleman Kampanyekan Smart Bersmartphone pada Siswa

BK MAN 3 Sleman dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan smartphone di kalangan remaja, mengkampanyekan “Smart Bersmartphone” pada siswa. Kegiatan ini dilakukan secara klasikal di setiap kelas sebelas MAN 3 Sleman dengan menggunakan jam pelajaran biasa pada hari Senin – Rabu, 7 – 9 Oktober 2019 dan diikuti seluruh siswa kelas sebelas. Pada kegiatan ini, BK MAN 3 Sleman mengkampyekan tentang cara pintar dalam menggunakan smartphone, karena jika mau digali lagi, menggunaan smartphone bisa untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mengikuti bimbingan belajar online, try out ujian online dan mendapat info-info tentang pelajaran. Selain itu aktifitas dengan smartphone juga harus tegas batasan waktunya, ada waktu-waktu bisa menggunakan smartphone ada waktu-waktu harus bebas tanpa smartphone.

Failasufah. M.Pd.I selaku guru BK kelas sebelas MAN 3 Sleman, menerangkan bahwa bahaya smartphone pada pelajar adalah ancaman yang nyata, karena hampir semua pelajar mempunyai smartphone, jika tidak digunakan dengan benar maka yang terjadi adalah kerugian tersendiri bagi siswa. “Sekarang, hampir semua siswa punya smartphone, bisa dipastikan, yang tidak punya bisa dihitung jari. Hal tersebut di satu sisi bagus, karena siswa dapat menggali info-info yang bermanfaat bagi siswa itu sendiri, buat bimbel online dan sebagainya. Namun jika digunakan untuk hal-hal negatif, seperti game over dalam bersosmed itu yang akan merugikan diri sendiri, waktu terbuang sia-sia," terang Faila.

Harapannya, dengan kegiatan ini siswa bisa menggunakan smartphone yang dimilikinya untuk hal-hal yang lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih terarah lagi sehingga tercipta smart bersmartphone pada siswa. (Ang)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 257

Bagikan