Dalam Upaya Menuju Sekolah Sehat Jiwa, MAN 3 Sleman Mengadakan Skrining Kesehatan bagi Siswa


Dalam Upaya Menuju Sekolah Sehat Jiwa, MAN 3 Sleman Mengadakan Skrining Kesehatan bagi Siswa Skrining Kesetahan MAN 3 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-08 23:35:20

Sleman (MAN 3 Sleman) - Sekolah secara khusus memegang peran penting dalam meningkatkan kesehatan jiwa yang berdampak pada kesehatan mental masyarakat. Sehat adalah suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Siswa yang sehat tentunya harapan bagi setiap sekolah, karena dengan memiliki siswa yang sehat tentu akan menunjang proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam dirinya.

Begitupun dengan konsep sekolah sehat jiwa. Dalam pengertian yang lebih luas, siswa sehat berarti bukan hanya sehat fisik namun jiwanya tidak sehat, buka pula sehat jiwa tapi fisik lemah atau tidak sehat. Dalam upaya menuju sekolah sehat jiwa, MAN 3 Sleman mencoba menyeimbangkan antara kesehatan jiwa yang meliputi jiwa dan fisik. Kali ini MAN 3 Sleman mengadakan skiring kesehatan bagi siswanya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu (8-9/10) bertempat di Ruang UKS MAN 3 Sleman ini merupakan kerjasama yang dijalin oleh UKS MAN 3 Sleman dan Puskesmas Mlati 1, Sleman, Yogyakarta.

Dalam Upaya Menuju Sekolah Sehat Jiwa, MAN 3 Sleman Mengadakan Skrining Kesehatan bagi Siswa

Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas sepuluh (X) yang berlangsung selama dua hari ini mendapat respon positif dari siswa, terbukti dengan tertibnya siswa dalam mengikuti tahap demi tahap pemeriksaan kesehatan ini. Pemeriksaan kesehatan ini meluputi cek kesehatan mata, telinga, berat badan, tinggi badan, status gizi, tekanan darah, kesehatan gigi dan cek buta warna.

dr. Sudaryati selaku petugas skrining kesehatan ini menjelaskan pentingnya cek kesehatan secara berkala. “Cek kesehatan harus dilakukan secara berkala, minimal 6 bulan sekali, itu dengan tujuan dapat mendeteksi sejak dini gangguan-gangguan kesehatan pada remaja, yang masih merupakan usia rawan terkena penyakit," ungkap Sudaryati.

Sedangkan Esti Supeni, S.Pd selaku koordinator UKS MAN 3 Sleman, mengucapkan terimakasih, karena program yang telah terjalin ini dapat memberikan manfaat dan ilmu baru bagi siswa. “Terimakasih kami ucapkan kepada tim dari Puskesmas Mlati 1, yang sudah melakukan skrining cek kesehatan bagi siswa kami, kami berharap dengan adanya cek kesehatan ini dapat menanggulangi dan mencegah sejak dini deteksi-deteksi gangguan kesehatan sehingga diharapkan dapat diobati dengan tepat,” terang Esti.

Selain itu, Hana Khalila siswa kelas sepuluh ipa 4 MAN 3 Sleman memberikan kesannya terhadap kegiatan ini dengan suka cita. “Beruntung sekali dapat cek kesehatan di sekolah, kalau di RS sendiri bisa biaya sendiri dan tidak murah," jelas Hana. Di sini kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita sejak dini sehingga jika terdapat hal yang tidak normal dapat segera ditindak lanjuti atau secepatnya dirujuk. (Ang)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 424

Bagikan