PEMILOS MAN 2 Yogyakarta Gunakan Sistem LUBER JURDIL


PEMILOS MAN 2 Yogyakarta Gunakan Sistem LUBER JURDIL Ketua OSIS terpilih Alwi Ahmad dan wakilnya Noor Risa Isnanto berfoto bersama Kepala MAN 2 Yogyakarta seusai perhitungan suara, Senin (7/10)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-08 14:04:36

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta)—MAN 2 Yogyakarta menggelar Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) masa bakti 2019/2020 dengan sistem seperti Pemilihan Umum (PEMILU) yaitu Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil (LUBER JURDIL), Senin (7/10). Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pendidikan demokrasi untuk siswa-siswi MAN 2 Yogyakarta serta memperkenalkan sistem Pemilihan Umum sejak dini. Kegiatan ini bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta.

Beberapa properti seperti bilik suara dan kotak suara dipinjamkan oleh KPU Kota Yogyakarta pada proses PEMILOS kali ini. Ada tiga calon ketua OSIS yaitu Noor Risa Isnanto (XI IPS 2), Anindya Balqis (X IBB), dan Alwi Ahmad (XI MIPA 2). Proses PEMILOS dilaksanakan dalam dua tahap, tahap awal pemungutan suara dari para guru dan pegawai, sementara tahap kedua dari siswa dan siswi MAN 2 Yogyakarta.

PEMILOS MAN 2 Yogyakarta Gunakan Sistem LUBER JURDIL

Dalam kegiatan PEMILOS ini, Kepala MAN 2 Yogyakarta Mardi Santosa juga menggunakan hak suaranya untuk memilih calon ketua OSIS. Mardi berpesan kepada calon ketua OSIS terpilih “Saya berharap nanti program-program yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan membawa kemajuan untuk MAN 2 Yogyakarta,” tandasnya.

Sementara itu pembina OSIS MAN 2 Yogyakarta Moh. Hatta pada saat di depan kotak suara juga menyampaikan harapan untuk calon ketua OSIS. “Semoga OSIS Roudhotul Ulum MAN 2 Yogyakarta menjadi ajang pembelajaran bagi siswa MAN 2 Yogyakarta yang nantinya akan menjadi organisator yang baik sekaligus mencetak pemimpin yang adil, bersih dan mampu mengemban amanah dengan baik. Mudah-mudahan dengan adanya PEMILOS seperti ini memberikan pemahaman bagi siswa tentang pentingnya berdemokrasi dan memberikan bekal untuk menghadapi PEMILU di masa mendatang,” ujar Hatta.

Siswa-siswi MAN 2 Yogyakarta juga sangat antusias menggunakan hak pilihnya dalam kegiatan PEMILOS kali ini. Diawali dengan mengantri untuk mengisi presensi sesuai kelasnya, kemudian siswa mendapat surat suara dan menuju bilik suara untuk mencoblos gambar calon ketua OSIS yang mereka dukung. Setelah selesai di bilik suara, siswa berjalan menuju kotak suara untuk memasukkan surat suara yang telah dicoblos. Tahap terakhir siswa harus mencelupkan salah satu jari tangannya dalam tempat tinta sebagai tanda mereka telah menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan perhitungan suara diperoleh hasil sebagai berikut, nomor urut 1 atas nama Noor Risa mendapat 106 suara, nomor urut 2 atas nama Anindya Balqis memperoleh 43 suara, nomor urut 3 atas nama Alwi Ahmad memperoleh 390 suara, dan ada 114 suara yang tidak sah. Dengan demikian Alwi Ahmad berhak menjadi ketua OSIS Roudhotul Ulum masa bakti 2019/2020 dengan wakil ketua Noor Risa Isnanto.(zul/diw)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 461

Bagikan