Market Day MTsN 1 Yogyakarta, Pembelajaran Kontekstual Berwirausaha


Market Day MTsN 1 Yogyakarta, Pembelajaran Kontekstual Berwirausaha
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-08 12:20:23

Yogyakarta (MTsN 1)—Seluruh siswa, guru, dan karyawan MTs Negeri 1 Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan Market Daysekaligus salah satu agenda memeriahkan HUT kota Jogja ke 263, Senin (7/110). Sebuah kegiatan yang baru pertama kali diadakan disambut antusias oleh siswa dan orang tua. Acara yang diselenggarakan atas kerjasama antara komite dan pihak madrasah telah berhasil menumbuhkan semangat bagi siswa dan orang tua.

Peserta market day(penjual) kali ini adalah siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga madrasah, termasuk orangtua/wali siswa. Dari pagi hari, siswa-siswa dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia melalui sistem undian.

Terdapat 22 stand makanan berjejer menyambut pembeli. Sehari sebelumnya panitia dalam hal ini bagian kesiswaan membagikan voucher sebesar tiga ribu rupiah kepada seluruh siswa yang dapat dipergunakan untuk membeli di stand market day. Barang yang ditentukan boleh dijual adalah makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan.

Kegiatan Market Dayini di pusatkan di halaman MTs Negeri 1 Yogyakarta. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pawai keliling dengan seluruh pesertanya menggunakan baju gagrak Ngayojokarta. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah menyampaikan bahwa kegiatan market dayini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa  kewirausahaanpada diri siswa sejak dini.

Pelaksanaan market day sangat meriah karena bersamaan dengan kegiatan pentas seni dari perwakilan siswa.Stand dijaga oleh dua orang siswa yang bertugas mencatat transaksi dan melaporkan ke bagian kesiswaan sebagai evaluasi dalam melakukan kegiatan jual beli. Adel, salah satu siswa menyatakan senang dan merasa kegiatan market day ini sangat berkesan. Pengalaman menawarkan dagangan ke teman-temannya, atau guru merupakan tantangan yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Diakhir waktu pelaksanaan kegiatan market daynampak masih aktif beberapa siswa menawarkan dagangannya ke ruang guru, dengan harapan ada yang minat untuk membelinya. Market daydapat menjadi pembelajaran kontekstual dalam berwirausaha bagi siswa. Diakhir kegiatan siswa melakukan evaluasi pada transaksi yang telah dilakukan. Menganalisis apakah mengalami laba atau kerugian. Serta dapat merupakan pembelajaran bagi siswa untuk dapat menjual sesuatu yang dikemas secara menarik dan diminati oleh banyak orang. (nik)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 322

Bagikan