Sambut HSN 2019, Kankemenag Kabupaten/Kota Gelar Sejumlah Acara


Sambut HSN 2019, Kankemenag Kabupaten/Kota Gelar Sejumlah Acara
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-10-08 10:16:45

Yogyakarta (Inmas DIY)—Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-DIY siap menggelar sejumlah acara sambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019. Puncaknya akan dilaksanakan upacara yang melibatkan aparatur sipil negara (ASN) Kemenag, Pemerintah Kabupate/Kota, pondok pesantren dan santri serta organisasi masyarakat keagamaan.

Hal ini mengemuka saat Rapat Pimpinan Coffee Morning, Selasa (8/10) pagi di Ruang Rapat 1 Kemenag DIY Jalan Sukonani 8 Yogyakarta. Kakanwil Edhi Gunawan hadir memimpin rapat didampingi Kasubbag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian Fahrudin. Turut hadir segenap jajaran Kepala Bidang dan Pembimas, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kasubbag di lingkup Kemenag DIY.

Sambut HSN 2019, Kankemenag Kabupaten/Kota Gelar Sejumlah Acara

“Puncak peringatan HSN 22 Oktober 2019 akan dilakukan upacara yang diikuti ASN dan para santri. Upacara dilakukan di Kanwil dan masing-masing Kankemenag Kabupaten/Kota,” tegas Kakanwil Edhi Gunawan.

Laporan dari Kakankemenag Kulon Progo, Ahmad Fauzi, selain upacara Hari H, pihaknya menggelar 5 macam lomba sambut HSN. “Kami menggelar lomba futsal, hadroh, paduan suara dan cerdas cermat santri serta upacara di alun-alun dan siangnya sarasehan dengan Wabup dan Pimpinan Pondok Pesantren,” ungkapnya.

Sementara Kakankemenag Gunungkidul, Aidi Johansyah, melaporkan pihaknya telah lakukan monitoring Ro’an akbar pada Ahad kemarin. “Hal ini sesuai instruksi dari Sekjen Kemenag RI dan dari Kanwil Kemenag DIY,” tandasnya.

Kasubbag TU Kankemenag Kota Yogyakarta, Mukhotip, menyampaikan bahwa Kemenag Kota Yogyakarta mendapat hibah anggaran hampir 1 milyar dari Pemkot. “Kita gunakan untuk Festival Anak Sholih Islam (FASI) dan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) mulai tingkat kecamatan hingga kemarin di lapangan balaikota dihadiri Walikota Yogyakarta,” ujarnya. Selain itu, Kemenag Kota Yogyajarta juga akan mengkhatamkan Alquran 74 kali sesuai dengan usia Kemenag pada 3 Januari 2020.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Bantul, Ahmad Sidqi, menambahkan pihaknya kerjasama dengan Pemkab Bantul. “Kami melakukan ro’an akbar pada Ahad kemarin ditambah rencana bersih-bersih fasilitas umum 20 Oktober 2019, upacara di lapangan Paseban dan kirab menuju Masjid Agung Bantul. Juga ada ekspo di Pesantren Ngrukem, Bantul,” urainya.

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sleman, Ujang Shihabuddin, menyampaikan pihaknya menyambut HSN dengan sejumlah agenda antara lain ziarah dan ajang kreativitas santri. “Saat ini kami juga sedang melakukan pembangunan Gedung KUA Gamping,” katanya.

Ditambahkan, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Masrudin, bahwa Kemenag DIY akan menggelar upacara pada 22 Oktober 2019 di halaman depan Kanwil. “Sejauh ini sudah ada 900 santri yang siap mengikuti upacara HSN ditambah ASN Kemenag DIY,” tandas Masrudin.

“Selesai upacara dilakukan majelis dzikir dipimpin KH R. Najib Abdul Qodir Pengasuh Pesantren Krapyak dan Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri yang akan menyampaikan tentang Wawasan Kebangsaan,” pungkasnya. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : afauzi
Dibaca : 474

Bagikan