Bentuk Karakter Siswa, MTsN 8 Gunungkidul Lakukan Pembiasaan


Bentuk Karakter   Siswa, MTsN 8 Gunungkidul Lakukan Pembiasaan Suasana kegiatan murajaah tahfidz kelas VII di musala putra
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-07 21:40:11

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul)- Pendidikan karakter merupakan sebuah langkah pemberian pendidikan melalui penanaman pembiasaan pada siswa sejak dini. Untuk membentuk siswa yang berkarakter tersebut, MTsN 8 Gunungkidul melaksanakan beberapa pembiasaan yang salah satunya adalah  murojaah pagi kelas tahfidz secara masal. Kegiatan ini dilakukan  setiap hari selama 30 menit sejak pukul 06.30 kecuali Senin dan Jumat.

Seperti halnya pagi itu, Kamis (3/10), siswa masuk pintu gerbang disambut oleh bapak dan ibu guru langsung menempati posisi masing-masing untuk mengikuti kegiatan pembiasaan. Pelaksanaan pembiasaan murojaah tahfidz  memang dikelompokkan dalam tiga kelompok besar. Sebagian di dalam musala putri, sebagian lagi di musala putra, dan selebihnya ada di ruang perpustakaan dan halaman utama. Pembagian ini diharapkan agar tercipta suasana yang kondusif, sehingga mereka mampu menghafalkan dengan baik.

Bentuk Karakter   Siswa, MTsN 8 Gunungkidul Lakukan Pembiasaan

Sebagai pembimbing, selain dari bapak ibu guru pengampu mata pelajaran agama secara bergantian, juga diambilkan dari pengasuh pondok pesantren yang berada tidak jauh dari madrasah. Hal ini dimaksudkan agar  para siswa benar-benar bisa mengikuti program tahfidz dengan benar. Seperti pernah diungkapkan oleh Ngadiyan, Kepala MTsN 8 Gunungkidul, bahwa penangan program tahfidz ini akan dilaksanakan secara berbeda. “Pelayanan program tahfidz kali ini harus dibedakan, khusus kelas VII untuk disendirikan agar tidak terkontaminasi dengan lainnya. Mereka masih mudah untuk diarahkan, maka biarlah program tahfidz ini yang menghiasinya”, ujarnya di sela-sela membimbing murojaah.

Selama tiga puluh menit praktis lantunan ayat-ayat suci Alquran akan terdengar di setiap sudut madrasah.  Kondisi tersebut akan memberi dampak yang positif bagi masa depan siswa dan semua yang ada di madrasah dan sekitarnya. Selain itu, pembiasaan tersebut juga sangat berpengaruh terhadap pola hidup dan tingkah laku siswa. Akhirnya pembentukan pribadi-pribadi yang berkarakter akan lebih mudah dicapai. (mmn).

Kontributor : MTSN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 258

Bagikan