Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Diklat Membatik


Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Diklat Membatik
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-07 19:22:08

Sleman (MAN 1 Sleman) - Sebanyak 31 Siswa MAN 1 Sleman program Keterampilan Tata Busana mengikuti Pendidikan dan Pelatihan membatik. Pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 7, 14, 21, dan 28 Oktober 2019  di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Batik Bantulan.

MAN 1 Sleman adalah salah satu Madrasah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan program keterampilan sesuai Surat Keputusan Jenderal Pendis Kementerian Agama RI Nomor 4924 tahun 2016. Sesuai SK tersebut MAN 1 Sleman membuka berbagai program Keterampilan. Program tersebut meliputi Teknik Desain Bangunan, Teknik Komputer & Jaringan, Tata Busana, Tata Boga, Desain Grafika, Teknik & Bisnis Sepda Motor, Tekni Multimedia.  

Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Diklat Membatik

Pelatihan ini bertujuan agar siswa mempunyai kompetensi yang memadai dalam bidang membatik. Sehingga  para lulusan MAN 1 Sleman yang belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dapat berkarya  Selain itu siswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan kejuruan yang telah diperoleh selama belajar di Madrasah.

Drs. Gunarto, M.Pd., Ketua Program keterampilan MAN 1 Sleman  mengungkapkan bahwa dengan program keterampilan yang kita selenggarakan  ini diharapkan mampu membekali dan meningkatkan kemandirian peserta didik. "Sehingga setelah lulus, khususnya siswa yang tidak melanjutkan kuliah tetap dapat mengembangkan keterampilan yang diperoleh selama belajar di Madrasah," ungkap Gunarto saat menyerahkan para peserta diklat, Senin (7/10).

Ahmad Zuhdi, pengelola lembaga Pendidikan dan Pelatihan Batik Bantulan merasa senang karena ada calon generasi penerus dalam membatik. “Kami merasa senang sekali karena ada generasi muda yang berminat belajar membatik," kata Zuhdi saat menerima kehadiran para peserta.  

Sementara itu  Estu Purwandari, S.Pd., Guru Keterampilan, mengajak para siswa untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. “Kalian memperoleh kesempatan untuk berlatih membatik, oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik-baikya, sehingga nanti kalian tidak hanya terampil dalam hal Tata Busana namun juga terampil dalam hal membatik,” pesan Estu saat mendampingi siswa di tempat pelatihan. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 237

Bagikan