Asah Kemampuan Berbahasa Asing, MAN 3 Sleman Selenggarakan Specta Student Show


Asah Kemampuan Berbahasa Asing, MAN 3 Sleman Selenggarakan Specta Student Show
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-07 09:39:25

Sleman (MAN 3 Sleman) - MESC (Mayoga English Super Camp) merupakan program penguatan bahasa Inggris bagi siswa kelas X MAN 3 Sleman sebagai sebuah upaya nyata untuk menyiapkan siswanya menghadapi masa depan di era global. Program yang menggandeng PBI UII (Program Studi Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia) ini telah berlangsung selama 11 hari lamanya, dari (24/09) hingga puncaknya Sabtu (5/10), dengan menggelar Specta Student Show yang terangkum dalam English Talent Show MAN 3 Sleman, yang mengusung tema “Lets Open the Secret of the World by Learning English

Specta Student Show merupakan ajang pertunjukan bagi siswa peserta MESC untuk menampilkan berbagai karya seni dan kreativitas yang mengasah kemampuan bahasa Inggris setelah 11 hari penuh mempelajarinya bersama para tutor. Ada 18 pertunjukan yang ditampilkan dalam acara ini, mulai dari seni drama, paduan suara, koreografi, musikalisasi puisi, dan juga musikalisasi drama. Ide cerita ataupun pesan dari setiap pertunjukan yang mereka suguhkan pun beragam, ada yang menyelipkan pesan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sebagai warga negara Indonesia meski berbeda suku, bahasa, dan agama, ada yang mengajak untuk menjaga dan melindungi bumi, dan ada juga yang menginspirasi tentang pentingnya menggapai impian atau cita-cita.

Lebih dari 300 orang memadati Ruang Multipurpose MAN 3 Sleman untuk ikut menyaksikan pertunjukan spektakuler ini. Selain siswa kelas X, hadir pula para orang tua mereka, guru, pegawai, tim tutor dari UII, pengurus komite, Camat Mlati, Kapolsek Mlati, dan Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag DIY. Tak ayal, gegap gempita suasana kemeriahan begitu terasa dalam ruangan tersebut.

Pertunjukan semakin semarak, karena dari 18 grup yang tampil akan saling berkompetisi untuk memperebutkan posisi The Best Performance. Posisi tersebut hanya akan diberikan bagi 4 performance  yang mendapatkan nilai tertinggi berdasarkan kriteria penilain dari dewan juri. Lailaturrahmah, M.Pd.BI, guru Bahasa Inggris MAN 3 Sleman mewakili dewan juri memberikan keterangan bahwa kriteria penilaian didasarkan pada tiga hal, yaitu performance atau appearance (penampilan), fluency (kelancaran), dan message (pesan). Dan dari tiga kriteria tersebut, berikut 4 performance yang berhak menyandang The best performance : 4th Goes to Science 3, Third Social 2A, 2nd Goes to Science 5, dan 1 Goes to Science 1.

Amy Syamsiah Zaenal, M.Pd.BI., guru Bahasa Inggris MAN 3 Sleman sekaligus kendali mutu pelaksanaan MESC mewakili panitia dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama untuk suksesnya kegiatan ini. Amy juga mengajak hadirin untuk selalu belajar dan belajar  bahasa Inggris, karena kini, bahasa Inggris bukan lagi dianggap sebagai bahasa asing, namun telah menjadi bahasa keseharian kita, terlebih dalam era global seperti saat ini.

Selepas kegiatan berakhir, Salma Maulani, Tutor PBI UII menyatakan puas dengan penampilan anak-anak. “Meski persiapan hanya dua hari, namun mereka tampil all out, walau ada satu dua hal yang masih keliru, namun itu semua masih bisa dimakulumi dan dipahami, artinya kesalahan itu bukanlah suatu hal yang fatal. Sungguh, saya sangat bahagia dan terharu, rasa lelah yang mendera terbayar semuanya hari ini, ketikamelihat perform mereka di atas panggung,” terang Salma.

Sementara itu, Mutia Aqilatul Hanifah, siswa kelas X MIPA 3 menyatakan kegembiraannya karena performnya bersama teman sekelas berhasil menjadi salah satu peraih The Best Performance. “Alhamdulillah, usaha kami tidak sia-sia. Meski capek, tapi semua terbayar ketika bisa tampil maksimal tanpa ada suatu kendala apapun di atas paggung. Dan bagi saya, kegiatan ini sangatlah mengesankan, dan seru, karena selan menambah keerampilan dalam berbahasa Inggris, juga menambah jalinan kekeluargaan, kekompakan, dan kerjasama diantara teman-teman sekelas semakin erat,” Ujar Mutia. (Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 216

Bagikan