Nyala Api Unggun dan Cahaya Lilin, Warnai Penerimaan Penegak MAN 3 Bantul


Nyala  Api Unggun dan Cahaya  Lilin,  Warnai  Penerimaan Penegak MAN 3 Bantul Upacara Penerimaan anggota Pramukan Penegak Ambalan Dewi Sartika dan Senopati MAN 3 Bantul oleh pembina, diterangi nyala api unggun dan cahaya lilin di lapangan basket madrasah, Ahad (29/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-07 09:07:03

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul senantiasa berusaha memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya potensi bidang akademik saja tetapi juga bidang non akademik. Kegiatan Pramuka yang merupakan kegiatan ekstra di madrasahpun juga merupakan upaya madrasah dalam mengembangkan potensi siswa. Berkaitan dengan hal tersebut madrasah menyelenggarakan kegiatan Penerimaan  Tamu Ambalan (PTA), Sabtu-Ahad (29-30/9).

Upacara penerimaan secara resmi dilaksanakan mulai malam Ahad dengan nuansa temaram api unggun yang dinyalakan ditengah lapangan madrasah. Kegiatan diawali dengan nonton bareng (nonbar) film berjudul Hasduk Berpola seluruh penegak untuk membuat synopsis dari film tersebut.

Nyala  Api Unggun dan Cahaya  Lilin,  Warnai  Penerimaan Penegak MAN 3 Bantul

Nyala  Api Unggun dan Cahaya  Lilin,  Warnai  Penerimaan Penegak MAN 3 Bantul

Seusai nobar, sesepuh api unggun kak M Munawar Yasin memberikan pesan kepada penegak untuk bisa menjadi penegak yang baik, mampu mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya sehingga semakin bermanfaat hidupnya bagi diri sendiri maupun masyarakat.

Salah satu Dewan Ambalan yang turut bertugas mendampingi kegiatan, Arsyahya (XII IPS 2) mengungkapkan kegiatan PTA adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. PTA juga merupakan ajang silaturahim dan saling mengenal antara penegak dan Dewan Ambalan sehingga dalam melaksanakan setiap kegiatan nantinya akan senantiasa berlangsung dengan baik karena sudah terjalin keakraban diantara mereka.

Penerimaan anggota Pramuka Penegak di Ambalan Senopati - Dewi Sartika Gugus Depan 07015 dan 07016 dilakukan oleh kak Budi Priyono, Ahad dini hari. Suasana pelantikan semakin hikmat dengan diterangi cahaya lilin mengringi cahaya api unggun yang lambat laun meredup.

Kakak Pembina Shinta menyampaikan pesan  seusai penerimaan dengan mengajak penegak yang baru saja dilantik untuk terus belajar  tenttang  kepramukaan melalui Dewan Ambalan maupun sumber belajar yang lain. “Ikuti seluruh kegiatan yang telah diprogramkan di madrasah untuk Penegak baik yang sudah terjadwal rutin yakni kegiatan Pramuka setiap Jumat maupun kegiatan insidentil yang nantinya mungkin akan diselenggarakan madrasah,” ungkapnya. (lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 871

Bagikan