Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan MAN 3 Bantul Terapkan Pepaling


Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan MAN 3 Bantul Terapkan  Pepaling Pelaksanaan program Pelayanan Perpustakaan Keliling (Pepaling) yang dilaksanakan Perpustakaan Uil Albab MAN 3 Bantul dalam rangka meningkatkan minat baca civitas madrasah, Sabtu (30/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-07 08:49:25

Bantul (MAN 3 Bantul)—Perpustakaan merupakan sarana sekolah/madrasah yang sangat diperlukan keberadaannya. Karena di dalam perpustakaan terdapar sumber ilmu pengetahuan dan juga media pembelajaran yang lengkap. Perpustakaan tidak hanya menyediakan buku buku ilmu pengetahuan tetapi juga buku buku fiksi dan juga pengetahuan umum lainnya yang sangat bermanfaat.

Seiring dengan padatnya kegiatan guru, pegawai dan siswa dalam melaksanakan program belajar mengajar di setiap harinya, sehingga tidak banyak kesempatan bagi mereka untuk datang ke perpustakaan guna membaca dan meminjam buku, maka Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul menggelar program Pelayanan Perpustakaan Keliling (Pepaling) di setiap hari Sabtu.

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan MAN 3 Bantul Terapkan  Pepaling

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan MAN 3 Bantul Terapkan  Pepaling

Kegiatan dilaksanakan oleh siswa kelas X, XI dan XII Bahasa secara terjadwal dengan pendampingan pustakawan Ulil Albab. Mereka membawa buku-buku perpustakaan  untuk ditawarkan di ruang guru, ruang pegawai dan juga kepada siswa yang tengah beristirahat diluar kelas.

Kepala Perpustakaan Purwaningsih mengungkapkan program Pepaling digelontorkan sebagai upaya jemput bola yang diharapkan bisa merealisasikan program literasi madrasah yang sudah dicanangkan. 

“Kami berupaya mengembangkan budaya literasi kepada seluruh civitas. Dengan program Pepaling ini kami juga berharap semakin banyak guru pegawai dan juga siswa yang terinspirasi untuk suka membaca,” paparnya.

Salah satu guru yang ditemui saat meminjam di ruang  kerjanya Wakija menyampaikan rasa senang, karena dengan adanya penawaran peminjaman di ruang kerja sangat memberikan manfaat dan kemudahan. “Sebenarnya saya pingin untuk meminjam buku dan membaca di perpustakaan, tetapi banyak jam mengajar dan waktu istirahat juga tidak mencukupi kalau harus pergi ke perpustakaan. Dengan program ini, saya jadi kesampaian membaca buku dan saya senang karena ternyata banyak buku yang sangat bagus untuk referensi dan tambahan wawasan,” ujarnya

Sedangkan menurut petugas, Jasmine Nurdiani Haseenah Lewinsky dan Huda Ibkar Hana (XII Bahasa)  yang bertugas Sabtu (5/10) mengungkapkan rasa senang dengan tugas yang diamanahkan,  karena dirinya bisa ikut menyukseskan program Literasi. Hal ini juga sangat sesuai dengan tugas Jasmin mengingat dirinya telah dinyatakan sebagai Duta Literasi se Bantul dan salah satu tugasnya adalah menyosialisasikan program suka membaca kepada masyarakat. “Saya merasa bersyukur dengan adanya program Pepaling, karena sangat mendukung tugas saya sebagai Duta Literasi. Semoga program semakin sukses dan semakin banyak  yang suka membaca,” terangnya.(lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 428

Bagikan