PTA, Ajang Pembinaan Karakter Penegak MAN 3 Bantul


PTA, Ajang Pembinaan Karakter Penegak MAN 3 Bantul Kepala MAN 3 Bantul In Amullah memberikan sambutan pada pelaksanaan Penerimaan Tamu Ambalan (TPA) di aula madrasah, Sabtu (30/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-06 22:19:59

Bantul (MAN 3 Bantul) – Pembentukan karakter diawali dari melakukan secara terus menerus, menjadi kebiasaan dan rutinitas, menjadi watak dan akhirnya merupakan karakter yang dimiliki oleh seseorang. Dalam rangka menanamkan, membentuk dan mengembangkan karakter Penegak, MAN 3 Bantul melaksanakan kegatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Menurut salah satu Pembina Pramuka MAN 3 Bantul Ashlihatul Lathifah, tujuan kegiatan  PTA adalah untuk menerima secara resmi siswa kelas X menjadi Pramuka Penegak di gugus depan 07015 dan 07016 pangkalan MAN 3 Bantul. 

Kegiatan dilaksanakan madrasah bekerjasama dengan Dewan Kerja Penegak (DKP) diikuti 222 penegak (siswa kelas X) dan dipandu 31 DKP yang merupakan siswa kelas XI di arena madrasah  Sabtu-Minggu (5-6/10). Pendamping dan pemateri kegiatan adalah kakak Pembina Pramuka yakni kak In Amullah, kak Munawar Yasin, kak Budi Priyono, kak Ashlihatul Lathifah, kak Sinta, kak Abban dan Kak Sumpono.

PTA, Ajang Pembinaan Karakter Penegak MAN 3 Bantul

PTA, Ajang Pembinaan Karakter Penegak MAN 3 Bantul

Kegiatan dibuka wakil kepala bidang Kesiswaan M Munawar Yasin dengan menyampaikan pesan agar seluruh peserta PTA mengikuti kegiatan yang sudah diagendakan dengan sungguh sungguh dan disiplin. “Materi yang nantinya disampaikan, jadikan pedoman dan landasan dalam melaksanakan tugas sebagai penegak dan sekaligus sebagai anggota masyarakat. Jadikan PTA ini sebagai ajang latihan dalam pengembangan karkater,” tegasnya.

Materi yang disampaikan meliputi keterampilan penegak, syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, patriotisme dan kebangsaan. Kepala madrasah In Amullah yang turut hadir dalam kegiatan malam Ahad memberikan sambutan dengan mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik. In Amullah juga memaparkan materi kebijakan madrasah dan juga motivasi untuk menumbuhkembangkan karakter baik sehingga diharapkan setelah mengikuti PTA tersebut siswa memiliki kemampuan bersosialisasi dan berintegrasi dengan lingkungan dimanapun mereka berada. Nilai nilai kepramukaan dipadukan nilai nilai karakter Islami akan menjadi bekal mereka untuk bisa bermanfaat bagi orang lain.

Sementara itu menurut Staf Kesiswan Budi Priyono, pelaksanaan PTA penting untuk diikuti selurug penegak kelas X mengingat dalam kegiatan tersebut mereka memperoleh penambahan materi serta pengetahuan kepramukaan. “Penambahan materi serta latihan kepramukaan guna mengembangkan keterampilan dan pengembangan karakter tersebut juga dilakukan melalui kegiatan rutin setiap Jumat jam 14.00 – 16.00 WIB di madrasah,” pungkas Budi. (lif)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 871

Bagikan