MTsN 1 Sleman Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Online


MTsN 1 Sleman Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Online
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-06 19:44:00

Sleman (MTsN 1 Sleman) – Di era digital saat ini, seorang guru  dituntut untuk dapat menguasai teknologi. Salah satu teknologi yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah membuat soal dengan cara online. Soal secara online diyakini mempunyai banyak manfaat dibamdingkan dengan pembuatan soal manual atau melalui kertas. Salah satu manfaat pembuatan soal secara online adalah menghemat biaya. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi madrasah yang bersangkutan.


Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam bidang teknologi, MTsN 1 Sleman menyelenggarakan pelatihan pembuatan soal secara online, Sabtu (5/10), dengan narasumber Busyroni Majid, Kepala MTsN 10 Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh Bapak Ibu Guru MTsN 1 Sleman dan bertempat di ruang kelas IX A.

MTsN 1 Sleman Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Online


Kepala MTsN 1 Sleman, Harsoyo, S.Pd, mengatakan, “ Handphone (Hp) selama ini belum  dimanfaatkan dengan baik oleh siswa, disamping belum ada pendampingan pemanfaatan Hp secara benar, adanya larangan siswa membawa Hp ke madrasah membuat pemanfaatan penggunaan Hp kurang maksimal bagi siswa,”ujar Harsoyo.


“Dengan adanya pelatihan pembuatan soal secara online, diharapkan akan mampu membantu siswa memanfaatkan Hp secara benar. Disamping itu, perlu adanya bimbingan dari bapak ibu guru sehingga Hp tidak disalah gunakan oleh siswa,” harap Harsoyo.
Dalam kegiatan tersebut, Busyroni Majid menjelaskan tentang langkah-langkah membuat soal online dengan menggunakan google drive. Bapak ibu guru mengikuti instruksi dari narasumber, sehingga sampai akhir kegiatan  bapak ibu guru sudah dapat membuat soal online dan langsung dikirim ke grup ataupun bapak ibu guru yang lain.
Nurul Baiti, salah satu peserta mengaku cukup paham dengan penjelasan narasumber dan mengaku sudah dapat mempraktekkan langsung. “ Alhamdulillah pelatihan pembuatan soal online sangat bermanfaat bagi kami selaku pendidik, mudah-mudahan apa yang sudah kami buat tadi dapat kami praktekkan kepada siswa dan apa yang sudah kami dapat tidak menguap begitu saja,” harap Nurul. (rmi)

Kontributor : MTSN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 188

Bagikan