Antisipasi Krisis Karakter, Siswa MAN 1 Sleman Ikuti PKBN


Antisipasi Krisis Karakter, Siswa MAN 1 Sleman Ikuti PKBN
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-06 18:02:50

Magelang (MAN 1 Sleman) - Antisipasi krisis karakter Siswa, MAN 1 Sleman  bekerja sama dengan Resimen Induk Kodam (Rindam) /IV diponegoro Magelang mengadakan Pendidikan Karakter dan  Bela Negara (PKBN). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (2-4/10) di Resimen Induk Kodam (Rindam) /IV Diponegoro Magelang.  

Harapannya dengan kegiatan ini dapat mengantisipasi dan mencegah krisis karakter yang akhir-akhir ini sering terjadi. Fakta di masyarakat tentang anak bangsa menunjukan bahwa sering dijumpainya tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, pelanggaan tata tertib sekolah, mbolos saat jam pelajaran dan lain sebagainya. 

Antisipasi Krisis Karakter, Siswa MAN 1 Sleman Ikuti PKBN

Selanjutnya PJS. Wakil Komandan (Wadan) Rindam IV Diponegoro Magelang, Kolonel Infantri Irwan.S. mengatakan bahwa untuk mencapai cita-cita bukan hanya ditentukan oleh lamanya berlatih dan belajar melainkan ditentukan oleh motivasi dari dalam dirinya sendiri. "Kami berharap kalian bisa menerapkan kedisiplinan, ketertiban seperti saat ini yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah maupun di masyarakat. Sehingga jangan sampai terjadi krisis karakter pada diri kalian," pesan Kolonel kepada para peserta saat menutup pendidikan Karakter dan Bela Negara di kampus Secaba Magelang. Sabtu (4/10).

Dalam kesempatan yang sama Abdul Ghofur Kepala MAN 1 Sleman menyampaikan harapannya saat memberikan sambutan. Menurutnya, dengan pendidikan karakter ini diharapkan siswa memiliki sifat disiplin, ulet, kerja keras, taat pada peraturan dan tata terib,  mempunyai kepercayaan diri , tahan uji dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan untuk mencapai cita-cita.” 

Hal senanda juga diungkapkan Ernawati, SE.,M.Si., Waka Kesiswaan sekaligus ketua pelaksana kegiatan. Pendidikan karakter ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X sejumlah 198 siswa. Namun 3 siswa tidak bisa mengikuti karena sedang sakit. Adapun tujuan pendidikan ini untuk membentuk karakter sisiwa menjadi manusia yang mempunyai sikap tangguh, disiplin dalam memujudkan kemandirian siswa di masa depan. "Dengan berbekal sikap ini semoga anak-anak akan menjadi insan yang mandiri, tangguh dan tidak mudah putus asa," ungkap Erna lebih lanjut.

Sementara itu Andara Ikhsan Alkaila, salah satu peserta merasa sangat terkesan dengan pelaksanaan pendidikan ini. "Sangat terkesan banget, saya merasa senang dengan para pelatih, saya bisa berlatih disiplin, tertib dalam melaksanakan tugas," kesan Andira, siswa kelas X MIPA 3 asal Banyumas. 

Seperti halnya Andira, Kholisah Hadi Linati, siswa kelas X IPS 2 ini juga merasa senang bisa mendapat kesempatan mengikuti PKBN ini. “Sebenarnya kalau tiga hari itu belum cukup, kami merasa memperoleh pengalaman yang banyak, semoga saya bisa lebih disiplin dan tertib sehingga bisa berhasil meraih cita-cita saya,” ungkapnya penuh semangat. (smn/tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 437

Bagikan