Peringati Hari Batik Nasional: MTsN 2 Bantul Menulis Quotes


Peringati Hari Batik Nasional: MTsN 2 Bantul Menulis Quotes Siswa MTsN 2 Bantul berebut ingin menulis quotes batik. (Dok: yis)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-06 17:53:18

Bantul (MTsN 2 Bantul)—Hari batik nasional merupakan saat yang dinantikan oleh para siswa MTsN 2 Bantul. Pasalnya mereka dapat mengenakan busana batik andalan mereka. Kebijakan madrasah memperbolehkan siswa berbusana batik bebas pada hari batik ini disambut dengan antusias.

Sebagaimana yang tampak pada Rabu (2/10) lalu, busana siswa MTsN 2 Bantul tampak variatif. Ada yang menggunakan batik parang rusak, batik Mega mendung, batik truntum, batik loreng, batik Priangan, batik sogan, dan batik ceplok.

Peringati Hari Batik Nasional: MTsN 2 Bantul Menulis Quotes

"Siswa tampak senang mengamati baju-baju batik yang dikenakan temannya, hal ini tentu dapat menumbuhkan kecintaan dan wawasan siswa tentang batik," ungkap Kepala MTsN 2 Bantul, Sutoyo.

Selain berbusana batik bebas, Waka kesiswaan MTsN 2 Bantul, Tugiyo, mengatakan bahwa masing-masing siswa juga diminta membuat satu quotes tentang batik. Madrasah telah menyediakan papan berlapis kain putih panjang sebagai tempat Quotes-quotes tersebut ditulis. Hasilnya, ternyata siswa cukup antusias menuliskan quotes. Pada saat istirahat pertama saja, kain sudah terisi penuh dengan quotes para siswa. Tentu saja tidak semua siswa dapat menulis di papan tersebut, siapa cepat dia dapat.

Menurut Yulian Istiqomah, pegiat literasi MTsN 2 Bantul, kegiatan menulis quotes batik ini program yang sangat bagus. Siswa berlatih melihat masalah secara aktual dan menuliskan opini singkat mereka dalam bentuk quotes. Hal ini dapat memperkaya program literasi di MTsN 2 Bantul.

"Saya menulis quotes sekaligus link Instagram saya, supaya semakin viral," ungkap salah satu siswa MTsN 2 Bantul. Sebagai generasi millenial, ternyata para siswa tidak hanya merasa terhibur, moment ini juga mereka pandang sebagai moment yang tepat untuk dapat memviralkan akun media sosial mereka. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 731

Bagikan