Tanam Pohon Menjadi Agenda Roan Akbar di Gunungkidul


Tanam Pohon Menjadi Agenda Roan Akbar di Gunungkidul
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-10-06 16:50:50

Gunungkidul (Kankemenag) – Menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang, Kepala Kankemenag Gunungkidul Aidi Johansayah melakukan monitoring Gerakan Roan Akbar ke beberapa pesantren diantaranya Pondok Pesantren Al Jauhar Semin, Minggu (6/10).

Pada monitoring ini Kepala Kankemenag Gunungkidul juga melakukan kegiatan menanam pohon sebagai gerakan menghijaukan bumi. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Ketua Pengelola Pesantren sekaligus Kepala Madrasah Aliyah Al Jauhar Purwoto, serta disaksikan oleh segenap santri Ponpes Al Jauhar. Aidi berharap kegiatan Roan akbar ini dapat membuat lingkungan pesantren menjadi lebih bersih dan indah sehingga sesuai dengan tema Hari Santri Nasional tahun ini yaitu Jaga Hati dan Jaga Bumi.

Para santri terlihat sangat bersemangat dan antusias saat melakukan Roan ini, ada yang menyapu, membersihkan lantai, membersihkan selokan, mencabut rumput dan sebagainya. Kepala MTs Al Jauhar Sulistiyono mengatakan Roan Akbar Nasional adalah gerakan yang bagus. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran diri santri akan kemauan menjaga kebersihan lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Tanam Pohon Menjadi Agenda Roan Akbar di Gunungkidul

Tanam Pohon Menjadi Agenda Roan Akbar di Gunungkidul

“Bagi pesantren sendiri, kegiatan roan akbar sendiri memberikan efek positif. Roan akbar dapat menjadi etalase citra positif terkait keadaan pesantren saat ini. Kultur pesanten saat ini sangat menjunjung tinggi kebersihan dan cinta lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan roan dipesantren dikerjakan disetiap hari jumat oleh semua santri dan dibarengi dengan piket harian disetiap pagi dan sore.” Papar Sulistiyono, “Harapannya semoga kedepannya, lebih banyak program yang dapat diinisiasi oleh Kemenag yang memiliki keterkaitan dengan pesantren dalam skala nasional.” pungkas Sulistiyono. (sna)

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 602

Bagikan