MTsN 9 Gunungkidul Intensifkan Literasi Setiap Hari Jumat


MTsN 9 Gunungkidul Intensifkan Literasi Setiap Hari Jumat Siswa membaca buku bacaan di halaman Mad9G dalam program Jumat Literasi
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-04 11:13:41

Gunungkidul (MTsN 9 Gunungkidul) – Minat membaca siswa MTs Negeri 9 Gunungkidul (Mad9G) cenderung masih rendah. Kondisi ini mendorong Mad9G untuk berupaya menumbuhkan minat membaca siswa dengan mengintensifkan kegiatan literasi membaca. Kegiatan literasi yang selama ini telah dilaksanakan sebagai tugas rumah dan terintegrasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, mulai pekan diprogramkan dan dilaksanakan secara serentak pada setiap hari Jumat.

Jumat (4/10) siswa Mad9G dengan membawa buku bacaannya berkumpul di halaman Mad9G untuk melaksanakan literasi membaca. “Mulai pekan depan tidak ada lagi yang tidak membawa buku bacaan dan akan dimulai dijadwalkan presentasi di depan untuk membacakan sinopsis dari buku yang telah dibaca”, ujar Elly Agustin selaku Wakamad Kesiswaan.

MTsN 9 Gunungkidul Intensifkan Literasi Setiap Hari Jumat

Program pembiasaan litersi membaca ini diadakan setiap hari Jumat dari pukul 06. 45 sampai dengan pukul 07.15 WIB dan wajib diikuti oleh seluruh siswa madrasah. Kegiatan dilaksanakan secara bergiliran kelas dengan kegiatan pembiasaan sholat dhuha. Seluruh siswa madrasah mengikuti kegiatan literasi dengan penuh semangat dan antusias.

"Dengan kegiatan literasi ini akan membantu siswa membiasakan membaca, sehingga akan lebih mudah memahami sebuah bacaan dan juga memahami materi pelajaran", ujar Ismu Barokah Abror, S.Pd. guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada saat ini siswa masih mengandalkan buku-buku dari Perpustakaan Baitul Ilmi Mad9G dan Perpustakaan Keliling Daerah Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya Ismu berharap semua siswa memiliki satu buku bacaan untuk setiap semesternya.  (Isk/nh)

Kontributor : MTSN9GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 236

Bagikan