Bantu Atasi Kekeringan, MIN 1 Bantul Dropping Air Bersih di Wukirsari


Bantu Atasi Kekeringan, MIN 1 Bantul Dropping Air Bersih di Wukirsari Penyerahan bantuan Dropping air bersih dari MIN 1 Bantul dan tim patembayan di Dusun Karang Kulon Kelurahan Wukirsari, Imogiri, Bantul pada Kamis, (3/10).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-03 22:04:41

Bantul (MIN 1 Bantul)—Musim kemarau yang panjang, memberikan efek domino terhadap kehidupan masyarakat. Kekeringan sudah terjadi beberapa daerah di Jawa, khusus di D.I.Yogyakarta, daerah yang terdampak kekeringan cukup tinggi di daerah kabupaten Bantul. 

Merespon hal tersebut, MIN 1 Bantul serta jajaran pengurus Paguyuban (Patembayan) salurkan bantuan dropping air bersih di beberapa titik khusus area kelurahan Wukirsari, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, pada Kamis, (3/10).

Bantu Atasi Kekeringan, MIN 1 Bantul Dropping Air Bersih di Wukirsari

Bantu Atasi Kekeringan, MIN 1 Bantul Dropping Air Bersih di Wukirsari

Bantu Atasi Kekeringan, MIN 1 Bantul Dropping Air Bersih di Wukirsari

Kekeringan di DIY sendiri terjadi di seluruh kabupaten di DIY yakni Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Sleman. di 39 kecamatan dan 110 desa. Menurut data dari Palang Merah Indonesia daerah terdampak kekeringan di bantul tertinggi adalah kelurahan Wukirsari, 310.000 jiwa terdampak.

Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro SE dan kaur keuangan Cahyo Wiji Hastoro menyambut langsung di joglo kelurahan wukirsari. Penyerahan secara simbolik dilaksanakan oleh pihak madrasah dan patembayan kepada daerah penerima bantuan air bersih dilakukan oleh wakil patembayan Miftakhul Huda kepada lurah wukirsari.

MIN 1 Bantul dan tim Patembayan menyalurkan bantuan droping air bersih di kelurahan wukirsari, diberikan sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang dilanda Kekeringan. Turut serta dalam kegiatan ini, kepala madrasah Ahmad Musyadad, S.Pd.I., M.S.I. serja perwakilan madrasah dan pengurus patembayan mengunjungi langsung lokasi yang mengalami kekeringan.

"Ini sebagai bentuk kepedulian dari kami kepada warga yang kesulitan air bersih disaat musim kemarau. Di wilayah Wukirsari saja kita droping ada sekitar 5.000 liter," kata kepala madrasah, saat di lokasi droping. Lanjutnya, penyaluran bantuan air bersih kepada warga di sejumlah wilayah yang dilanda kesulitan air bersih rencananya akan terus berlanjut hingga ke Wonolelo, Pleret, Bantul.

Armada tangki yang tersedia secara simbolik diserahkan terlebih dahulu di dusun Karang kulon desa Sengkowo kelurahan Wukirsari. Kepala Dukuh Karang kulon Isnaini Muhtarom, mewakili warga menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada MIN 1 Bantul dan patembayan atas bantuan air bersih.

"Hampir berbulan-bulan sudah langka air di dusun ini, ada beberapa warga di beberapa RT sampai turun untuk numpang mandi dan minta air bersih untuk memasak. Ketika ada bantuan sebagian warga mandi bisa 2x sehari, tetapi ketika kehabisan yah lebih memilih menggunakan air bersih untuk memasak saja. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat. Ke depan, semoga MIN 1 Bantul bisa semakin baik, dan bisa menyebarkan kebaikan di daerah-daerah lain yang memang membutuhkan," papar kepala dusun. (fad)

Kontributor : MIN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 584

Bagikan