MAN 1 Sleman Gandeng Puskesmas Gelar Bimtek Madrasah Sehat Jiwa


MAN 1 Sleman Gandeng Puskesmas Gelar Bimtek Madrasah Sehat Jiwa Kepala MAN 1 Sleman memberikan sambutan pada acara Bimtek Sekolah Sehat Jiwa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-03 17:01:24

Sleman (MAN 1 Sleman) - Madrasah adalah rumah kedua bagi anak usia sekolah.  Madrasah sehat menjadi dambaan setiap siswa dan seluruh warganya. Untuk mewujudkan Madrasah sehat, Selasa (01/10), MAN 1 Sleman menggandeng Puskesmas untuk mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh guru  di ruang rapat.

Abdul Ghofur, S.Ag, M.Pd., Kepala MAN 1 Sleman dalam sambutannya mengatakan, “Madrasah sehat adalah madrasah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” tandas Ghofur. Selain itu beliau mengatakan bahwa, “ Sebelumnya, MAN 1 Sleman telah melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung program madrasah sehat ini. Misalnya, siswa kelas X setiap awal tahun  diadakan screening kesehatan secara umum bahkan tahun ini dilakukan screening kesehatan jiwa. Siswa yang terdeteksi mengalami masalah kita tindak lanjuti dengan konseling oleh tenaga professional.” lanjut Ghofur.

MAN 1 Sleman Gandeng Puskesmas Gelar Bimtek Madrasah Sehat Jiwa

“MAN 1 Sleman merupakan sekolah di wilayah binaan Puskesmas Godean II. Kami akan melakukan pembinaan sekolah/madrasah sehat kepada seluruh sekolah yang menjadi sekolah binaan Puskesmas Kami”, ungkap Ratih Ary Nureni mewakili Kepala Puskesmas Godean II.  Selanjutnya “Untuk tahun 2019 ini Puskesmas menitik beratkan pembinaan pada aspek kesehatan mental (jiwa). Selama ini yang sudah dilakukan adalah pembinaan kesehatan secara fisik, hanya sedikit menyentuh kesehatan jiwa. Padahal kesehatan jiwa sangatlah penting untuk membuat seseorang bisa melakukan aktivitasnya, bisa menghadapi tekanan hidup yang normal, bisa bekerja produktif dan berbuat sesuatu untuk orang lain,” lanjut Ratih, psikolog Puskesmas.

Dalam Bimbtek ini guru dilatih untuk mendeteksi berbagai permasalahan kesehatan jiwa dan cara menanganinya. “Kami menjadi tahu apa saja tanda-tanda masalah kesehatan mental sehingga bisa lebih memahami dan berempati kepada siswa yang sedang bermasalah,” ucap Dra.Siti Abibah, salah satu peserta.

Selain membahas tentang kesehatan mental, dalam acara ini juga diadakan diskusi untuk mengevaluasi kegiatan UKS, kesehatan lingkungan, gizi dan kantin, yang berturut-turut dibimbing oleh Hudi Sutiyasmi, Lina Kurniati dan Anisah Umami, dari Puskesmas Godean II. Semua peserta terlihat antusias mengikuti acara ini. Menurut rencana, MAN 1 Sleman akan mendeklarasikan sebagai Madrasah Sehat Jiwa pada Desember nanti. (ptn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 208

Bagikan