Literasi Tidak Hanya Sekadar Membaca


Literasi Tidak Hanya Sekadar Membaca
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-10-03 13:44:12

Gunungkidul (Kankemenag) – Kepala Kankemenag Kabupaten Gunungkidul, Aidi Johansyah, menyatakan dukungannya atas program Sekolah Literasi Indonesia (SLI) yang diadakan Dompet Dhuafa. Hal ini disampaikan Aidi saat memberikan sambutan pada  Talkshow serta Pameran Display Kelas dan Media Pembelajaran yang diadakan Dompet Dhuafa di Aula lantai 3 Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Kamis (3/10). 

Dalam kesempatan ini Aidi berharap agar kegiatan literasi tidak hanya sekadar membaca saja, tetapi juga kegiatan membaca yang dapat mendekatkan diri pada Tuhan. “Ayat yang pertama diturunkan adalah terkait membaca, yaitu iqra. Lalu dilanjutkan, dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Kami harap apa yang kita baca, juga dapat mendekatkan kita pada Tuhan,” terang Aidi.

Sedangkan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan selain membaca, seseorang juga harus dapat memahami dan mencerna bacaannya karena inilah pentingnya pembudayaan literasi. “Literasi merupakan bagian penting dalam mendorong keberhasilan pendidikan,” ungkapnya.

Sebelumnya dijelaskan oleh perwakilan Dompet Dhuafa bahwa Sekolah Literasi Indonesia (SLI) diadakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme serta performa guru dan kepala sekolah di Gunungkidul. Hal ini dilakukan setelah sekolah mengikuti proses pendampingan selama satu tahun, melalui tahapan monitoring dan evaluasi (monev), serta pengukuran dan penilaian, dan saat ini program telah memasuki agenda akhir, yakni penutupan yang dirangkai dengan talkshow.

Talkshow sesi 1 bertema Membangun Kekhasan Budaya Sekolah disampaikan perwakilan dari SD Muhammadiyah Kuwarasan, MI Muhammadiyah Munggur dan MI Muhammadiyah Macanmati. Sesi 2 bertema Penguatan Sistem Pembelajaran Berbasis Literasi dari SD Muhammadiyah Karangtengah, MI Muhammadiyah Pengkol dan SD Muhammadiyah Sidorejo.

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 184

Bagikan