Seksi PD Pontren Kemenag Gunungkidul Adakan Rakor EMIS


Seksi PD Pontren Kemenag Gunungkidul Adakan Rakor EMIS
Kategori : KABUPATEN/KOTA
Tanggal : 2019-10-03 12:59:30

Gunungkidul (Kankemenag) – Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul menggelar Rakord EMIS PD Pontren di RM. Sekar Kusuma, Rabu (2/10). Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta, terdiri dari 10 orang dari pondok pesantren, 10 orang dari madrasah diniyah dan 10 orang dari TPQ.

Kegiatan ini menghadirkan Kasi PD Pontren Zuhdan Aris dan Operator EMIS PD Pontren Choirudin sebagai narasumber. Maksud diadakannya kegiatan tersebut untuk konsolidasi terkait data EMIS Pondok, Madin dan TPA serta agenda tambahan yakni persiapan penyusunan laporan penggunaan bantuan BOP.

Kasi PD Pontren Zuhdan Aris mengatakan dari tahun ke tahun santri dan lembaga keagamaan seperti pesantren semakin mendapatkan perhatian besar dari negara. Ini disebabkan pendidikan model pesantren sudah tumbuh dan berkembang dimasyarakat sejak ratusan tahun, jauh sebelum Indonesia merdeka dan telah berkontribusi penting dengan melahirkan tokoh tokoh berkarakter, cinta tanah air serta berjasa besar bagi bangsa dan negara.

Setelah ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015, pada tanggal 24 September 2019 telah ditetapkan UU tentang Pesantren. Pasca ditetapkannya UU tersebut tentu pesantren dituntut untuk semakin meningkatkan kualitasnya yang salah satu caranya adalah dengan pengelolaan data yang baik melalui EMIS (Education Management Information System). “Zaman sekarang, menuntut based fact. Maka EMIS sangat penting, antara lain yaitu memudahkan di dalam menemukan data yang valid, baik tentang pondok pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, maupun Taman Pendidikan Al Qur'an”, pungkas Zuhdan. (sna)

Kontributor : KEMENAGGK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 287

Bagikan